Rayakan Tahun Baru, DKI Gelar "Car Free Night" di Jalan MH Thamrin - Kompas.com

Rayakan Tahun Baru, DKI Gelar "Car Free Night" di Jalan MH Thamrin

Kompas.com - 04/12/2017, 15:34 WIB
Suasana pesta kembang api di kawasan Bundaran Hotel Indonesia saat Car Free Night dalam rangka gelaran Jakarta Night Festival pada perayaan Tahun Baru 2013, Senin (31/12/2012) malam.  TRIBUN JAKARTA/JEPRIMA Suasana pesta kembang api di kawasan Bundaran Hotel Indonesia saat Car Free Night dalam rangka gelaran Jakarta Night Festival pada perayaan Tahun Baru 2013, Senin (31/12/2012) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana akan menutup Jalan MH Thamrin pada malam pergantian tahun 2017 ke 2018. Pemprov DKI akan menggelar car free night di sepanjang jalan tersebut.

"Mungkin ditutup jalan, car free night. Bukan Sudirman-Thamrin, Thamrin saja," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (4/12/2017).

Sandiaga menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta tidak akan menutup Jalan Jenderal Sudirman. Alasannya,Sandiaga khawatir penutupan Jalan Jenderal Sudirman akan mengganggu operasional hotel-hotel di kawasan tersebut.

"Kalau Sudirman soalnya banyak hotel-hotel yang nanti terganggu flow-nya," kata dia.

Sandiaga meyakini adanya car free night di sepanjang Jalan MH Thamrin akan menyemarakkan perayaan dalam menyambut Tahun Baru 2018.

Baca juga : Kata Sandiaga, Anies Mau Gelar Nikah Massal pada Malam Tahun Baru

"Kalau di satu section aja, di Thamrin, seperti car free day. Car free night ini bisa menambah kesemarakan," ucap Sandiaga.

Pergantian malam tahun baru dengan konsep car free night sudah digelar sejak Joko Widodo memimpin Ibu Kota. Pada era Jokowi, pergantian malam tahun baru di Jakarta juga dirayakan dengan beberapa panggung hiburan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo turut hadir di kawasan Bundaran Hotel Indonesia saat Car Free Night dalam rangka gelaran Jakarta Night Festival menjelang perayaan Tahun Baru 2013, Senin (31/12/2012) malam. Sebanyak 16 panggung disiapkan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman - MH Thamrin untuk menghibur warga di malam pergantian tahun.Tribun Jakarta/Jeprima Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo turut hadir di kawasan Bundaran Hotel Indonesia saat Car Free Night dalam rangka gelaran Jakarta Night Festival menjelang perayaan Tahun Baru 2013, Senin (31/12/2012) malam. Sebanyak 16 panggung disiapkan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman - MH Thamrin untuk menghibur warga di malam pergantian tahun.
Kemudian pada pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, tradisi itu diubah. Ahok tak menghilangkan tradisi tahun baru ala Jokowi, tetap menggelar car free night di Jalan MH Thamrin hingga Jalan Medan Merdeka Barat. Namun, tak ada panggung hiburan di sana.

Pada pergantian tahun 2014 menuju 2015 misalnya, jumlah panggung hiburan yang tersedia jauh lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya. Kemudian pada malam pergantian tahun 2015-2016, Ahok tidak lagi menggelar panggung hiburan. Sebagai gantinya, perayaan Tahun Baru disebar ke tiap wilayah kota/kabupaten.

Baca juga : Malam Pergantian Tahun, DKI Sebar Panggung Hiburan di Kalijodo hingga TMII

Ahok memilih merayakan malam pergantian tahun 2015-2016 di Ancol, Jakarta Utara. Seluruh pendanaan panggung hiburan yang diselenggarakan di Pantai Carnaval Ancol dibiayai pihak Ancol bersama para sponsor.

Pada pergantian tahun 2016 menuju 2017, mantan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono juga memusatkan malam puncak pergantian tahun di Ancol. Puncak acara sengaja tidak diadakan di kawasan Sudirman-Thamrin karena masih ada pekerjaan pembangunan Mass Rapid Transit (MRT).


Kompas TV Peragaan Busana Pengantin Muslim di Atas Trotoar

EditorKurnia Sari Aziza
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X