Terpopuler: Anies Hapus LPJ RT/RW hingga Ratusan Telur Pterosaurus Langka - Kompas.com

Terpopuler: Anies Hapus LPJ RT/RW hingga Ratusan Telur Pterosaurus Langka

Kompas.com - 06/12/2017, 06:03 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (30/11/2017).KOMPAS.com/NURSITA SARI Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (30/11/2017).


1. Anies hapus LPJ Dana Operasional RT/RW

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menghapus laporan pertanggungjawaban dana operasional RT/RW mulai 2018. Dia ingin RT/RW fokus melayani warga dibandingkan hanya mengurus persoalan administrasi seperti LPJ.

Anies menuturkan, RT/RW merupakan pekerjaan sosial yang menghabiskan banyak waktu. Oleh karena itu, dia tidak ingin membebani RT/RW dengan laporan pertanggungjawaban (LPJ) dana operasional lagi.

"Biaya-biaya yang terkait dengan kegiatan mereka itu langsung diberikan dalam bentuk pembebasan. Mereka bisa mengelola sendiri sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan," kata dia.

Baca selengkapnya di sini

Salah satu jenis pesawat Ilyushin-18 (Foto: Ilustrasi)Barrieaircraft.com Salah satu jenis pesawat Ilyushin-18 (Foto: Ilustrasi)

2. 4 Pesawat Militer Rusia Mendarat di Biak Numfor, Ada Apa?

Empat pesawat Rusia yang mengangkut 110 personel militer Rusia mendarat di Bandara Internasional Frans Kaisiepo, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Selasa (5/12/2017).

Empat pesawat tersebut terdiri dari dua pesawat angkut jenis Ilyushin-76/78813 dan Ilyushin -76/78810, serta dua Bomber Tupolev TU-95 MS yang merupakan jenis pesawat pengebom strategis bermesin turboprop empat yang memiliki panjang 46,2 meter dan sayap 50,10 meter.

Ada keperluan apa empat pesawat itu mendarat di Biak? Baca selengkapnya di sini


Varian termurah Astra Daihatsu Ayla, 1.0 DAstra Daihatsu Motor (ADM) Varian termurah Astra Daihatsu Ayla, 1.0 D

3. Minat "Mobil Murah," Ini Harga Per Desember 2017

Berminat memboyong mobil mobil murah ( LCGC) akhir bulan ini, harganya masih belum berubah dibanding dengan bulan sebelumnya, November 2017. Selain di pameran, akhir tahun biasanya jadi waktu tepat bagi yang ingin beli mobil, pasalnya diler banyak memberikan promo.

Lagipula sekaligus jaga-jaga, khawatirnya akan ada kenaikan harga untuk mobil yang masuk program Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) tahun depan, entah karena sistem perpajakan baru, nilai mata uang, atau biaya produksi yang melonjak.

Banderol harga termurah masih dipegang oleh Daihatsu Ayla tipe paling bawah Rp 92.550.000.

Daftar mobil-mobil yang lain lihat di sini.

Kurma di Pasar Tanah Abang.Kahfi Dirga Cahya Kurma di Pasar Tanah Abang.

 

4. Oleh-oleh Buah dari Luar Negeri Disita Karantina, Kenapa Kurma Tidak?

Video penumpang pesawat menolak oleh-oleh buah yang ia bawa dari luar negeri disita petugas karantina viral di media sosial. Badan Karantina Pertanian (Barantan) sudah memberikan penjelasan tentang hal itu.

Namun mengapa tidak semua buah dari luar negeri tidak disita meski masuk tanpa sekretariat pun? Kurma misalnya. Sudah hal lumrah dan kebiasan, jamaah haji atau umrah asal Indonesia membawa oleh-oleh yang satu itu.

"Kenapa kurma bawaan jemaah haji tidak diperiksa? (Kerena) aman dari lalat buah," ujar Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati Barantan Antarjo Dikin dalam keterangannya kepada Kompas.com, Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Memangnya kenapa dengan lalat buah? Baca selengkapnya di sini

telur pterosaurus telur pterosaurus

5. Pecahkan Rekor, Ratusan Telur Pterosaurus Langka Ditemukan di China

Para peneliti di China menemukan ratusan telur milik sebuah spesies reptil terbang pada masa dinosaurus. Temuan ini mencakup 16 embrio parsial yang beberapa masih dipertahankan dalam bentuk tiga dimensi (3D).

Dilaporkan dalam jurnal Science pada 1 Desember 2017, embrio menunjukkan bahwa sesaat setelah menetas, hewan tersebut dapat berjalan, tetapi tidak mampu terbang.

Pemimpin penelitian Xiaolin Wang, ahli paleontologi vertebrata dari the Chinese Academy of Science, berkata bahwa dia dan timnya menemukan 215 butir telur di sebuah blok batu pasir berukuran 3 meter persegi yang berasal dari satu spesies pterosaurus.

Baca selengkapnya di sini.


EditorHeru Margianto
Komentar

Close Ads X