Catat, Ini Rekayasa Lalu Lintas Selama Penutupan Jalan di Tanah Abang - Kompas.com

Catat, Ini Rekayasa Lalu Lintas Selama Penutupan Jalan di Tanah Abang

Kompas.com - 22/12/2017, 07:08 WIB
Road barrier beton berwarna kuning terpasang di tengah dan trotoar Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2017).Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Road barrier beton berwarna kuning terpasang di tengah dan trotoar Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemprov DKI Jakarta akan menjalankan konsep baru penataan di kawasan Tanah Abang mulai hari ini, Jumat (22/12/2017). Penataan yang dilakukan yaitu dengan menutup Jalan Jatibaru Raya yang berada di depan Stasiun Tanah Abang pukul 08.00-18.00.

Dengan demikian, kendaraan bermotor tidak bisa melintas karena ruas jalan pada pukul tersebut akan digunakan untuk pedagang kaki lima (PKL) berjualan.

Baca juga: Mulai Besok, Jalan di Depan Stasiun Tanah Abang Ditutup, PKL Bebas Berjualan 

Berikut rincian rekayasa lalu lintasnya:

a) Lalu lintas Kendaraan dari timur (Jl Fachrudin) dan utara (Jl Cideng Timur) menuju Jl Kb Jati dialihkan menuju Jalan KS Tubun Raya (jembatan layang)-Jl KS Tubun 1 (PLN)–Jl KS Tubun Raya–Jl Kb Jati.

b) Lalu lintas kendaraan dari arah selatan (Jl KS Tubun Raya) yang akan menuju Jl Jatibaru Raya dialihkan menuju Jl Kb Jati–Jl KH Mas Mansyur dan seterusnya.

c) Rute angkutan umum bus besar dari arah timur (Jl Fachrudin)–Jl KS Tubun Raya (jembatan layang)–Jl Brigjend Katamso-berputar di depan Hotel Menara Peninsula–Jl Brigjend Katamso–Jl KS Tubun Raya–Jalan Kebon Sirih dan seterusnya.

d) Rute angkutan umum bus sedang melalui ruas Jalan KH Mas Mansyur–Jalan Kb Jati–Jalan Jembatan Tinggi–Jalan KS Tubun Raya–Jalan Kb Jati–Jalan KH Mas Mansyur.

Rute pengalihan arus lalu lintas di Kawasan Tanah Abang mulai Jumat (22/12/2017).Dinas Perhubungan DKI Jakarta Rute pengalihan arus lalu lintas di Kawasan Tanah Abang mulai Jumat (22/12/2017).

e) Rute angkutan umum bus kecil/mikrolet (M08, M10) berputar di bawah jembatan layang Jatibaru (Jl Jatibaru Raya).

f) Rute angkutan umum bus kecil/mikrolet (M09, M 09A, M11) melalui ruas Jalan KS Tubun Raya–Jalan Kb Jati-Jalan Jembatan Tinggi–Jalan KS Tubun Raya.

g) Ruas Jl KS Tubun 1 (PLN) yang semula dua arah menjadi satu arah dari utara ke selatan (Jl KS Tubun 1–Jl KS Tubun Raya) dari pukul 08.00–18.00.

h) Larangan belok kiri untuk arus lalu lintas dari timur ruas Jl KS Tubun Raya yang akan menuju ruas Jl KS Tubun 1 pukul 08.00–18.00 (kecuali penghuni)

i) Penutupan terhadap lokasi putaran (U-turn) pada ruas Jl KS Tubun Raya (depan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah memastikan tenda yang digunakan PKL berjualan sudah dibongkar sebelum pukul 18.00 sehingga kendaraan bisa melintas setelahnya.

"Itu bisa bongkar pasang, biasanya pukul 16.00, 16.30, sudah mulai sepi, pukul 18.00 sudah open seperti semula, pasti dong semua mobil pribadi, angkutan umum bisa lewat lagi," ujar Andri.

Kompas TV Mulai Jum’at (22/12), Pemprov DKI Jakarta akan menutup satu jalur di depan Stasiun Tanah Abang yang diperuntukan untuk pedagang kaki lima.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X