Bibit Ikan Akan Ditebar Saat Festival Danau Sunter - Kompas.com

Bibit Ikan Akan Ditebar Saat Festival Danau Sunter

Kompas.com - 12/01/2018, 20:58 WIB
Kondisi bagian timur danau Sunter, Kamis (11/1/2018). Dinas Sumber daya air Jakarta Utara memperbaiki saluran air agar tidak merembes masuk ke dalam danau.Kompas.com/Setyo Adi Kondisi bagian timur danau Sunter, Kamis (11/1/2018). Dinas Sumber daya air Jakarta Utara memperbaiki saluran air agar tidak merembes masuk ke dalam danau.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Wali Kota Jakarta Utara Junaedi menyampaikan, sejumlah kegiatan menarik disiapkan untuk mengisi Festival Danau Sunter, termasuk penyebaran bibit ikan.

Kegiatan ini rencananya dilakukan dalam festival tersebut sebagai bentuk menjaga ekosistem danau.

"Kita kolaborasikan, selain kegiatan perlombaan juga ada upaya untuk melestarikan ekosistem danau. Nanti kita tebar bibit ikan, bisa buat wisata pemancingan ke depannya," ucap Junaedi saat ditemui di Danau Sunter, Jumat (12/1/2018).

Baca juga : Persiapan Kerja Bakti di Danau Sunter, Dua Eskavator Amfibi Disiagakan

Mengenai bibit ikan apa yang akan disebar, Junaedi masih menunggu dinas terkait untuk menentukan jenis ikan apa yang cocok dilepas di Danau Sunter.

Ia juga menyampaikan, sesuai arahan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP), penyelenggaraan Festival Danau Sunter harus memperhatikan keberlangsungan ekosistem danau.

"Jadi kalau ada hewan misal reptil di sini tidak harus diberantas. Dari dinas KPKP juga berharap hewan-hewan ini tetap ada. Nantinya, ada tim teknis yang memastikan acara festival ini berkelanjutan bagi lingkungan. Tidak ada binatang di danau yang dirugikan," ucap Junaedi.

Persiapan untuk menggelar Festival Danau Sunter terus dilakukan, termasuk memperbaiki saluran air di sisi timur oleh Dinas Sumber Daya Air dan menata pohon-pohon di sekitar danau oleh Dinas Pertamanan.

"Minggu nanti (14/1/2018), akan ada kerja bakti oleh seluruh dinas. Saya optimistis bisa selesai persiapannya, apalagi ini sudah diketahui masyarakat yang nanti akan dilakukan berbagai kegiatan termasuk lomba antara Pak Wagub dan Bu Susi," ucap Junaedi.

Baca juga : Pemkot Jakut Periksa Kualitas Air Danau Sunter

Dalam Festival Danau Sunter, akan digelar beragam kegiatan olahraga air. Rencananya, ada pertandingan antara Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat festival berlangsung. Sandi akan berenang, sedangkan Susi akan ber-paddle board.

Kompas TV Kejurnas Ski Air dan Wakeboard Digelar di Jakarta


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X