Tertibkan Jalan MH Thamrin, Dishub DKI Akan Buat Lajur Khusus Motor - Kompas.com

Tertibkan Jalan MH Thamrin, Dishub DKI Akan Buat Lajur Khusus Motor

Kompas.com - 13/01/2018, 09:31 WIB
Kondisi jalan MH Thamrin Kamis (11/1/2018) pasca pencabutan rambu larangan melintas sepeda motor. Jalan Medan Merdeka Barat dan MH Thamrin kembali dapat dilalui sepeda motor setelah pembatalan pergub yang membatasi sepeda motor oleh mahkamah agung.Kompas.com/Setyo Adi Kondisi jalan MH Thamrin Kamis (11/1/2018) pasca pencabutan rambu larangan melintas sepeda motor. Jalan Medan Merdeka Barat dan MH Thamrin kembali dapat dilalui sepeda motor setelah pembatalan pergub yang membatasi sepeda motor oleh mahkamah agung.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan membuat jalur khusus motor di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Hal ini dilakukan untuk menertibkan lalu lintas di kawasan tersebut menyusul diperbolehkannya kembali motor melintas di kawasan Thamrin berdasarkan putusan Mahkamah Agung yang membatalkan peraturan gubernur terkait pelarangan sepeda motor.

"Untuk lebih menertibkan kawasan tersebut kami akan membuat lajur khusus. Lajur sepeda motor," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansah di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Baca juga : Polisi: Sepeda Motor yang Melintasi Thamrin Tak Akan Ditilang

Andri mengatakan, nantinya salah satu lajur dari tiga lajur di Jalan MH Thamrin akan digunakan sebagai jalun khusus motor.

Ia melanjutkan, pembatas antara lajur khusus motor dan lajur untuk mobil akan dipisahkan dengan garis putus-putus tanpa separator.

Menurut Andri, keputusan menggunakan garis sebagai pembatas telah melalui pertimbangan yang matang.

"Awalnya ada dua alternatif, satu dengan seperator, lalu dengan garis putus-putus. Pertimbangannya kalau separator kurang fleksibel. Kalau mau ke dalam gedung atau keluar gedung otomatis ada perlambatan, nunggu kan. Kadang-kadang saja kita mau nyebrang saja nunggu motor kosong saja susah, menimbulkan kemacetan," papar Andri.

Baca juga : Polisi Sarankan Ganjil Genap untuk Sepeda Motor yang Melintasi Thamrin-Medan Merdeka Barat

Mahkamah Agung membatalkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor.

Menindaklanjuti putusan tersebut, Dishub DKI mencopot rambu-rambu pelarangan sepeda motot.

Dengan demikian, pengendara sepeda motor dapat melintasi Jalan MH Thamrin-Medan Merdeka Barat.


Kompas TV MA membatalkan Pergub soal larangan motor di Jalan MH Thamrin Jakarta.


EditorIcha Rastika
Komentar

Close Ads X