Sandiaga: Menteri Susi Semangat Beri Masukan Reklamasi - Kompas.com

Sandiaga: Menteri Susi Semangat Beri Masukan Reklamasi

Kompas.com - 13/01/2018, 18:22 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberikan sambutan dalam kegiatan OK Cleanup Day atau membersihkan lingkungan di Kampung Pesisir Jakarta, Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (13/1/2018).KOMPAS.com/NURSITA SARI Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberikan sambutan dalam kegiatan OK Cleanup Day atau membersihkan lingkungan di Kampung Pesisir Jakarta, Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (13/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersemangat apabila dimintai masukan terkait proyek reklamasi di Teluk Jakarta.

Menurut Sandiaga, Susi pernah menanyakan penarikan pembahasan dua rancangan peraturan daerah (raperda) reklamasi bersama DPRD DKI Jakarta.

Kedua raperda itu yakni raperda tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta dan raperda tentang Rencana Zonasi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

"Kemarin dengan KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) sama Ibu Susi. 'San, sudah ditarik ya raperdanya? Oke, nanti kami dipanggil ya beri masukan.' Jadi, Ibu Susi sudah semangat kasih masukan," ujar Sandiaga di Jakarta Creative Hub, Jakarta Pusat, Sabtu (13/1/2018).

Baca juga: Sandiaga: Reklamasi Terindikasi Korupsi dan Cacat Administrasi, Pengembang Tak Boleh Seenaknya

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Alberto Xavier Pereira Carlos saat mengadakan konferensi pers di rumah dinas Susi, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2017). KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Alberto Xavier Pereira Carlos saat mengadakan konferensi pers di rumah dinas Susi, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2017).
Menurut Sandiaga, Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Gubernur DKI Anies Baswedan dan dirinya tetap akan menghentikan reklamasi.

Sementara untuk pulau-pulau yang sudah dibangun, katanya, Pemprov DKI masih membuat kajian ulang agar pemanfaatan pulau sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat.

Menurut Sandiaga, beberapa kajian yang dilakukan berkaitan dengan aspek hukum, lingkungan, perekonomian, dan lainnya.

Baca juga: Tanggapi Sandi, Pakar Sanggah Kejanggalan Sertifikat HGB Reklamasi

Selain dengan KKP, Pemprov DKI juga berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional.

"Kami mencari suatu terobosan agar kami bisa menata ulang lagi ini, terutama untuk pulau-pulau yang sudah jadi. Kami ingin mengembalikan lagi demi kepentingan masyarakat kebanyakan," kata Sandiaga.


Kompas TV Anies Baswedan dan wakilnya Sandiaga Uno terus mendapat sorotan.

EditorKurnia Sari Aziza
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X