Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPSU Dikerahkan untuk Bersihkan Puing Museum Bahari

Kompas.com - 17/01/2018, 12:50 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses pembersihan gedung C dan A Museum Bahari di Penjaringan, Jakarta Utara, terus dilakukan Rabu (17/1/2018). Proses pembersihan ini melibatkan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dari beberapa wilayah.

"Hari ini petugas datang dari Penjaringan, Pluit, Kapuk Muara, Pejagalan, dan Kamal Muara. Kami dikerahkan untuk segera membersihkan puing di museum," kata Kasie Ekbang dan Lingkungan Hidup Kelurahan Penjaringan, Yulianto, di Museum Bahari, Rabu.

Bangunan museum itu mengalami kebakaran pada Selasa kemarin.

Baca juga : Ini Daftar Koleksi Museum Bahari yang Terbakar

Yulianto mengungkapkan petugas yang dikerahkan mencapai 60 orang. Mereka bertugas membersihkan puing yang ada di dalam dan di luar museum. Mereka juga membantu penempatan koleksi museum yang selamat dari peristiwa kebakaran kemarin.

"Termasuk saluran air. Kemarin kan tersumbat puing dan membuat air menggenang di museum. Itu juga kami bereskan," ujar Yulianto.

Ia mengatakan, petugas PPSU akan disiagakan sampai pembersihan selesai. Para petugas PPSU itu nanti akan dibagi menjadi tiga shift.

Anggota PPSU Penjaringan sebelumnya sudah membantu proses pemadaman api pada saat kebakaran. Salah satu anggotanya bahkan tertimpa bahan bangunan.

"Kemarin langsung dibawa ke RS Pluit. Sore sudah boleh pulang. Tidak ada luka serius, cuma bagian leher jadi susah bergerak saja," kata Yulianto.

Kepala UPT Museum Kebaharian Husnison Nizar mengharapkan proses pembersihan museum dapat dilakukan dua hari. Pada Jumat mendatang diharapkan museum dapat kembali menerima kunjungan wisatawan.

"Tentunya akan dibatasi di areal yang tidak terdampak kebakaran. Nanti kami buat pembatas agar pengunjung tidak mengakses ke sana dan ada penjagaan," ujar Husnison.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com