Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Hari Anies-Sandi, 4.368 Orang Jadi Anggota OK OCE

Kompas.com - 25/01/2018, 11:49 WIB
Nibras Nada Nailufar

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah 100 hari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memimpin Ibu Kota, 4.368 orang terdaftar menjadi anggota gerakan OK OCE.

"4.368 itu dari 44 kecamatan di Jakarta, termasuk dari komunitas," kata Ketua OK OCE Faransyah Jaya, Rabu (24/1/2018).

OK OCE merupakan program kewirausahaan yang salah satu kegiatannya adalah pelatihan bagi warga yang ingin berwirausaha.

Menurut Faransyah, pelatihan massal OK OCE akan kembali digelar Dinas UMKM pada pertengahan Februari 2018. 

Baca juga: Kata Sandiaga, Anggota OK OCE Tak Permasalahkan Besaran Bunga Pinjaman Modal

Di luar pelatihan serentak, ada coaching clinic yang berlangsung di kantor-kantor kecamatan di Jakarta pada Sabtu pukul 08.00-11.00.

Para pengusaha atau yang baru mau merintis usaha akan didampingi untuk melewati tujuh tahapan pasti sukses atau "7 PAS" OK OCE.

"Mulai dari pendaftaran, pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran, pelaporan keuangan, dan permodalan," kata Faransyah.

Bagi Anies-Sandi, OK OCE menjadi program prioritas dalam misinya mengentaskan kemiskinan di Jakarta. Tingkat kemiskinan di Jakarta rendah jika dibandingkan dengan provinsi lainnya, yakni 3,78 persen.

"Kami targetnya 5 tahun ke depan, ambisius, menurunkan 1 persen. Walaupun ini terendah di nasional, stagnan angka ini tidak turun-turun," ujar Sandiaga, 18 Januari 2018.

Baca juga: 100 Hari Anies-Sandi: OK OCE, antara Janji dan Kenyataan...

Sandiaga selalu mengatakan, OK OCE bisa mengatasi masalah pengangguran yang berimbas pada kemiskinan melalui pembukaan lapangan pekerjaan.

Usaha yang berkembang diharapkan dapat menyerap banyak tenaga kerja. Pada akhir masa jabatan Anies-Sandi, gerakan OK OCE ditargetkan bisa membuka 200.000 lapangan pekerjaan baru.

Badan Pusat Statistik DKI Jakarta menyebutkan, pada 2017, tingkat pengangguran mencapai 5,36 persen atau ada 292.700 pengangguran di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com