PKL yang Okupasi Trotoar Sudirman Akan Direlokasi

Kompas.com - 03/02/2018, 15:35 WIB
Para pedagang kaki lima (PKL) memadati trotoar Jalan Sudirman, dekat Halte Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2018). KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNAPara pedagang kaki lima (PKL) memadati trotoar Jalan Sudirman, dekat Halte Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2018).
|
EditorKurnia Sari Aziza

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan penampungan pedagang kaki lima ( PKL) yang berdagang di trotoar Jalan Jenderal Sudirman. Kata Sandi, pihaknya akan bekerja sama dengan pelaku usaha di sekitar Sudirman agar bisa menampung pedagang.

"Kemarin pengusahanya sudah datang di kantor gubernur dan mereka prinsipnya mendukung, karena ini prinsipnya sementara," kata Sandiaga di Jakarta Pusat, Sabtu (3/2/2018).

Sandiaga menyebut beberapa pengusaha properti di sekitar menawarkan lahannya untuk dijadikan lokasi sementara. Ia mengatakan, ini usulan baik selama kegiatan berjualan tidak membahayakan bangunan.

"Mereka (PKL) menjual produk-produk yang banyak diperlukan masyarakat juga," ujar Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga Akan Carikan Lokasi Sementara untuk PKL di Trotoar Sudirman

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) Irwandi mengatakan, para pedagang tidak akan ditempatkan jadi satu, melainkan dibagi-bagi. 150 pedagang akan dibagi ke tiga lokasi.

"Lokasinya di sekitar Sudirman di belakang, di dekat Benhil (Bendungan Hilir), dan ada juga di belakang di dekat Penjernihan Bendungan Hilir. Kami sudah siapkan ada dua titik," ujar Irwandi.

Baca juga: Sudah Bayar Uang Keamanan, PKL di Trotoar Sudirman Merasa Aman

Menurutnya, lokasi lama PKL di Sudirman akan disterilkan. Pedagang akan ditertibkan dan segera ditempatkan di lokasi baru. Selain itu, para pedagang akan dipersilakan berjualan di car free day setiap Minggu.

"Car free day mereka juga akan memakai tempat yang akan kami usahakan di Thamrin 10, kami akan data," katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X