Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Surut, Anies Minta Ada "Operasi Karbol"

Kompas.com - 06/02/2018, 14:29 WIB
Nibras Nada Nailufar,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi RW 007, Kampung Melayu, Jakarta Timur, yang dilanda banjir, Selasa (6/2/2018). Usai melihat banjir dan lokasi pengungsian warga, Anies mengatakan nanti akan ada "operasi karbol" untuk membersihkan sisa-sisa banjir.

"Yang harus dipastikan adalah pembersihan, di mana sekarang tim yang dipimpin Wali Kota memantau, begitu air surut proses pembersihan sudah dilakukan kemudian akan ada operasi karbol," kata Anies.

Ia mengatakan, semua rumah dan sudut lingkungan akan dibersihkan dengan karbol agar tidak ada kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit. Operasi karbol akan melibatkan petugas damkar (pemadam kebakaran).

Baca juga : Banjir Usai, Warga Rawajati Memancing Ikan di Sungai Ciliwung

"Sesudah selesai akan disemprot semua, ada branwir yang bantu bersihkan, sesudah itu baru disiapkan karbol, pastikan semua bersih sehat kembali," kata Anies.

Menurut Anies, di Kampung Melayu ada 261 warga yang mengungsi. Mereka diungsikan di kantor lurah, SDN, dan SMPN setempat. Ia memastikan kebutuhan dasar warga terpenuhi sementara ini serta layanan kesehatan terus bersiaga.

Baca juga : SBY: Kita Duka Mendalam untuk Para Korban Banjir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com