Anies Akan Anggarkan Fasilitas "Ngaben" untuk Umat Hindu Jakarta - Kompas.com

Anies Akan Anggarkan Fasilitas "Ngaben" untuk Umat Hindu Jakarta

Kompas.com - 11/03/2018, 19:35 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat hendak menyampaikan sambutannya di hadapan ratusan umat Hindu yang tengah menjalankan upacara melasti di Pura Segara, Jakarta Utara, Minggu (11/3/2018).Kompas.com/Sherly Puspita Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat hendak menyampaikan sambutannya di hadapan ratusan umat Hindu yang tengah menjalankan upacara melasti di Pura Segara, Jakarta Utara, Minggu (11/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan menganggarkan fasilitas kremasi untuk upacara pemakaman umat Hindu di Jakarta.

"Mayoritas umat Hindu di Jakarta dimakamkan, padahal kalau di Bali ada upacara ngaben. Jakarta belum memiliki fasilitas kremasi yang memadahi," ujar Anies, Minggu (11/3/2018).

(Baca juga: Anies Janji Perbaiki Akses dan Fasilitas di Pura Segara)

Anies berjanji akan segera menyediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung upacara ngaben tersebut. Menurutnya, penyediaan fasilitas ini akan dimasukkan dalam Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan.

"Kami sudah siapkan, akan masuk di anggaran APBD-P, akan dimasukkan anggaran ini (fasilitas kremasi). Jadi siapapun umat Hindu punya kesempatan yang sama," kata dia.

Anies juga berjanji akan memperbaiki jalur menuju lokasi peribadatan umat Hindu di Jakarta. Hal ini disampaikan Anies saat menghadiri upacara melasti di Pura Segara, Jakarta Utara.

"Ke depan, kita menyaksikan dalam acara melasti, umat Hindu melaut butuh air suci dan mereka harus melakukannya melewati jembatan bahkan kapal karena infrastruktur di sini sudah berubah banyak sejak tahun 1992. Kami sampaikan pada mereka komitmen pemprov untuk membangun," ujar Anies, Minggu (11/3/2018).

Ia berharap, tahun depan rencana ini akan terealisasi sehingga di perayaan melasti selanjutnya umat Hindu di Jakarta dapat merasakan fasilitas ibadah yang baik.

Kompas TV Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sengaja membongkar rancangan awal yang dibuat pada masa pemerintahan Ahok dan Djarot.


Komentar

Close Ads X