Peminat Rusun DP 0 Rupiah Klapa Village Belum Bisa "Booking" Unit

Kompas.com - 12/03/2018, 14:02 WIB
Sejumlah warga mencari informasi unit rumah susun dengan DP 0 Rupiah di Kantor Informasi Klapa Village, Jakarta, Minggu (21/1/2018). Rumah susun dengan DP 0 Rupiah yang diperuntukkan bagi warga dengan KTP DKI Jakarta atau suami-istri berpenghasilan di bawah Rp 7 juta per bulan tersebut akan dipasarkan pada April, dan saat ini para peminat hanya dipersilakan meninggalkan nomor kontak untuk dihubungi ketika pemasaran sudah dimulai. ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTASejumlah warga mencari informasi unit rumah susun dengan DP 0 Rupiah di Kantor Informasi Klapa Village, Jakarta, Minggu (21/1/2018). Rumah susun dengan DP 0 Rupiah yang diperuntukkan bagi warga dengan KTP DKI Jakarta atau suami-istri berpenghasilan di bawah Rp 7 juta per bulan tersebut akan dipasarkan pada April, dan saat ini para peminat hanya dipersilakan meninggalkan nomor kontak untuk dihubungi ketika pemasaran sudah dimulai.

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga sudah tak sabar membeli Rumah Susun Klapa Village dengan down payment (DP) 0 rupiah di Pondok Kopi, Jakarta Timur. Namun, pendaftaran belum dibuka.

Faridah, staf informasi dari PD Pembangunan Sarana Jaya, mengatakan, banyak warga yang datang untuk mem-booking. Namun, mereka harus gigit jari karena belum dibuka pendaftaran. Warga hanya baru bisa melihat show unit.

"Kami sekarang sifatnya hanya show unit, enggak buka pendaftaran. Banyak masyarakat ingin buru-buru karena ketersedian untinya tidak banyak," kata Farida kepada Kompas.com di Pondok Kopi, Senin (12/3/2018).

Warga, kata Faridah, datang dengan membawa segala persyaratan yang diperlukan untuk membeli rumah. Bahkan, mereka siap memberikan akad pembelian.


Baca juga: Ada Opsi Lahan Mangkrak Pondok Kelapa Dibangun Rusunami DP 0 Rupiah

"(Pendaftaran) kabarnya nanti di bulan April menunggu pembentukan Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) dari pemprov. Namun, saya kurang paham nanti itu masyarakat bisa daftar di sini atau langsung ke Pemprov," ucap Farida.

Warga melihat maket saat mencari informasi unit rumah susun dengan DP 0 Rupiah, di Kantor Informasi Klapa Village, Jakarta, Minggu (21/1/2018). ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Warga melihat maket saat mencari informasi unit rumah susun dengan DP 0 Rupiah, di Kantor Informasi Klapa Village, Jakarta, Minggu (21/1/2018).
Menurut Faridah, warga ingin segera mem-booking karena keterbatasan unit yang tersedia. Pembangunan Sarana Jaya hanya menyediakan 700 unit yang merupakan akumulasi dari tipe 36 dan 21. Ada dua menara khusus hunian DP 0 rupiah.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com di lokasi Klapa Village, tak banyak lagi pengunjung yang datang. Suasana ini berbeda dengan beberapa waktu lalu saat baru diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca juga: Beda antara Klapa Village DP 0 Rupiah dan Pondok Kelapa Village yang Mangkrak

"Enggak terlalu ramai, kalau kemarin-kemarin bisa ratusan orang tiap hari, sekarang paling banyak 80 sampai 100-an," ujar Faridah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X