Anies: Sering Kali Ketika Bicara Tradisi lalu Takut dengan Terobosan - Kompas.com

Anies: Sering Kali Ketika Bicara Tradisi lalu Takut dengan Terobosan

Kompas.com - 14/03/2018, 14:07 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies BaswedanKOMPAS.com/Akhdi Martin Pratama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dalam pengukuhan pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) DKI Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Dalam sambutannya, Anies meminta agar para pengurus Dekranas tidak takut berinovasi. Ia mengibaratkan terobosan dan tradisi seperti budaya batik di Indonesia.

"Sering kali kalau bicara tradisi, lalu takut dengan terobosan. Kalau kita lihat baju batik ini adalah baju nasional, tapi dahulu kalau buat batik pasti untuk kain, tidak untuk baju," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Anies menjelaskan batik sebagai baju pada awalnya adalah pelanggaran tradisi. Namun, karena lambat laun diadopsi dan dipopulerkan, baju batik akhirnya menjadi baju nasional.


"Tapi ketika dijalankan terus menerus, kita tidak tahu ini dulu pelanggaran pakem, sekarang kita nyebutnya sebagai baju nasional," ujar Anies.

Baca juga : Anies Berikan Cuti Lima Hari untuk PNS DKI yang Istrinya Melahirkan

Anies meminta agar Dekranas DKI bisa menjadi fasilitator lahirnya terobosan sebagai tradisi baru. Ia meminta kesenian tidak dilanggengkan, melainkan dikembangkan.

"Kalau dilanggengkan, kita lihatnya seperti masa lalu," kata Anies.

Menurut Anies, Asian Games yang dihadiri paling tidak 40.000 tamu asing, bisa jadi ajang Dekranasda untuk mempromosikan budaya Jakarta. Belum lagi pusat-pusat perbelanjaan, Ancol, Monas, Lebaran Betawi, dan kegiatan maupun tempat yang bisa diisi dengan bazar-bazar produk Jakarta.

"Jadikan kesempatan ini sebagai lompatan bagi kinerja Dekranasda," ujar dia.

Baca juga : 250 UKM Akan Buat Suvenir untuk Asian Games di Jakarta

Dalam kepengurusan Dekranasda DKI 2017-2022, Anies dan wakilnya, Sandiaga Uno duduk sebagai pembina. Ketuanya, Fery Farhati dan wakilnya istri Sandiaga, Nur Asia Uno. Ketua Harian dijabat Asisten Perekonomian dan Keuangan dan wakilnya istri Sekretaris Daerah Saefullah.



Close Ads X