Dulu Kumuh, Sekarang Begini Pemandangan Warna-warni di Kamal Muara - Kompas.com

Dulu Kumuh, Sekarang Begini Pemandangan Warna-warni di Kamal Muara

Kompas.com - 15/03/2018, 08:25 WIB
Anak-anak bermain di tengah aktivitas pengecatan jalan dan pagar rumah warga di Kampung Nelayan Kamal Muara, Penjaringan, DKI Jakarta, Rabu (14/3/2018). Agar terlihat lebih indah dan menghilangkan kesan kumuh, warga berinisiatif mengubah lingkungannya menjadi berwarna dan menjulukinya sebagai Kampung Pelangi di Utara Jakarta.MAULANA MAHARDHIKA Anak-anak bermain di tengah aktivitas pengecatan jalan dan pagar rumah warga di Kampung Nelayan Kamal Muara, Penjaringan, DKI Jakarta, Rabu (14/3/2018). Agar terlihat lebih indah dan menghilangkan kesan kumuh, warga berinisiatif mengubah lingkungannya menjadi berwarna dan menjulukinya sebagai Kampung Pelangi di Utara Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com — Ratusan warga RW 004 Kelurahan Kamal Muara, Jakarta Utara, mengecat lingkungan permukiman mereka sejak Selasa (13/3/2018).

Kepala Seksi Pemerintahan dan Ketertiban Kelurahan Kamal Muara Nur Soleh menyatakan, kegiatan itu diinisiasi pihak kelurahan guna menghilangkan kesan kumuh di kawasan yang dikenal sebagai tempat tinggal para nelayan tersebut.

"RW 004 ini salah satu yang disebut paling kumuh di Jakarta. Kami berusaha mengubah dengan cara buat kampung pelangi. Minimal kalau ini berubah, kesannya yang dibilang kumuh sudah tidak kumuh lagi," kata Soleh saat ditemui di lokasi, Rabu (14/3/2018).

Baca juga: Melihat Budaya Jakarta dari Warna-warni Mural di Tiang JLNT Antasari

Soleh menuturkan, pengecetan akan dilakukan sepanjang jalan yang mengelilingi kampung tersebut. Jalan itu kira-kira mempunyai panjang hingga 1,5 kilometer. Ratusan rumah yang berdiri di pinggir jalan nantinya juga akan dicat.

"Ini semua akan kami cat sampai atap-atapnya," kata Soleh.

Suasana anak-anak melakukan aktivitas di Kampung Nelayan Kamal Muara, Penjaringan, DKI Jakarta, Rabu (14/3/2018). Agar terlihat lebih indah dan menghilangkan kesan kumuh, warga berinisiatif mengubah lingkungannya menjadi berwarna dan menjulukinya sebagai Kampung Pelangi di Utara Jakarta.MAULANA MAHARDHIKA Suasana anak-anak melakukan aktivitas di Kampung Nelayan Kamal Muara, Penjaringan, DKI Jakarta, Rabu (14/3/2018). Agar terlihat lebih indah dan menghilangkan kesan kumuh, warga berinisiatif mengubah lingkungannya menjadi berwarna dan menjulukinya sebagai Kampung Pelangi di Utara Jakarta.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, beberapa warga sudah mengecat sejumlah bagian rumahnya, seperti pagar dan dinding luar.

Soleh menjelaskan, pihaknya tidak mempunyai target waktu penyelesaian kegiatan tersebut. Ia menuturkan, pihak kelurahan menyerahkan semuanya kepada warga.

"Kami seselesainya saja, tergantung warga bisa menyelesaikan, kapan kelurahan hanya menyediakan peralatan. Motif-motif warna segala macam juga diserahkan kepada warga," katanya.

Sejumlah warga bermain di jalan yang telah diwarnai di Kampung Nelayan Kamal Muara, Penjaringan, DKI Jakarta, Rabu (14/3/2018). Agar terlihat lebih indah dan menghilangkan kesan kumuh, warga berinisiatif mengubah lingkungannya menjadi berwarna dan menjulukinya sebagai Kampung Pelangi di Utara Jakarta.MAULANA MAHARDHIKA Sejumlah warga bermain di jalan yang telah diwarnai di Kampung Nelayan Kamal Muara, Penjaringan, DKI Jakarta, Rabu (14/3/2018). Agar terlihat lebih indah dan menghilangkan kesan kumuh, warga berinisiatif mengubah lingkungannya menjadi berwarna dan menjulukinya sebagai Kampung Pelangi di Utara Jakarta.

Kegiatan pengecatan di Kamal Muara itu rupanya terdengar hingga telinga Sandiaga Uno. Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan mendukung kegiatan warga tersebut.

Baca juga: Anies Prioritaskan Kampung Warna-warni Dekat Kegiatan Asian Games

"Kami lihat bagaimana nanti partisipasi masyarakat juga, jadi nanti ini yang akan kami dorong, pemerintah memfasilitasi," kata Sandiaga di kantor Wali Kota Jakarta Utara, Rabu (14/3/2018).

Ketua RT 001 RW 004 Kelurahan Kamal Muara Suparlih berharap, setelah pengecatan tersebut, kampungnya tak lagi dipandang sebelah mata.

"Mudah-mudahan pemerintah bisa memperhatikan. RW 004 ini bisa dijadikan percontohan buat DKI," katanya.

Petugas PPSU Jakarta mengecat jalan di Kampung Nelayan Kamal Muara, Penjaringan, DKI Jakarta, Rabu (14/3/2018). Agar terlihat lebih indah dan menghilangkan kesan kumuh, warga berinisiatif mengubah lingkungannya menjadi berwarna dan menjulukinya sebagai Kampung Pelangi di Utara Jakarta.MAULANA MAHARDHIKA Petugas PPSU Jakarta mengecat jalan di Kampung Nelayan Kamal Muara, Penjaringan, DKI Jakarta, Rabu (14/3/2018). Agar terlihat lebih indah dan menghilangkan kesan kumuh, warga berinisiatif mengubah lingkungannya menjadi berwarna dan menjulukinya sebagai Kampung Pelangi di Utara Jakarta.


Video di Kamal Muara yang kini penuh warna

Komentar
Close Ads X