Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Geledah Gudang Makanan Kedaluwarsa di Tambora, Ada Mayones hingga Makanan Anak-anak

Kompas.com - 19/03/2018, 18:00 WIB
Rima Wahyuningrum,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polisi menggeledah sebuah gudang yang menyimpan makanan kedaluwarsa di Jalan Kalianyar, Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat pada Senin (19/3/2018).

"Kami berhasil mengamankan satu gudang dan satu orang untuk dilakukan pemeriksaan terkait dengan barang-barang kedaluwarsa yang kemudian labelnya diganti menjadi tidak kedaluwarsa," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Edi Suranta Sitepu kepada awak media, pada Senin.

Edi mengatakan penyelidikan tersebut telah dilakukan sejak 12 Desember 2017. Saat itu, ia menemukan beberapa karyawan yang sedang melakukan penggantian label kedaluwarsa lama ke label baru.

"Salah satu makanan ada mayo (mayones) dan label kedaluwarsanya diganti dari yang habis jadi tidak kedaluwarsa. Ada juga makanan anak-anak," tambah Edi.

Baca juga : Makanan Kedaluwarsa Dimusnahkan BPOM, Warga Buru Hadiahnya

Saat ini polisi mengamankan kepala gudang AA. Adapun karyawannya dijadikan saksi untuk pemeriksaan lanjutan.

"Untuk diedarkan ke mana masih kita lakukan pemeriksaan dengan orang tersebut," tambahnya.

Dari penggeledahan ini polisi mengamankan sebuah alat untuk membuat penanggalan masa kedaluwarsa, cairan M3 (untuk menghapus tanggal masa kedaluwarsa), alat sablon, dan berbagai merk makanan kedaluwarsa.

Adapun pelaku dijerat Pasal 62 ayat (1) Jo Pasal 8 ayat (1) dan (3) UURI No.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan atau pasal 143 Jo pasal 99 UURI No. 18 tahun 2012 tentang Pangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com