Sensasi Terbang dengan Pesawat Intai Polisi di Langit Jakarta...

Kompas.com - 20/03/2018, 11:32 WIB
AKBP Audie Latuheru dan Bripka Indria Pujiastuti saat mengendarai pesawat kecil tipe fixed wings jenis Cessna 172, Sabtu (17/3/2018).KOMPAS.com/Sherly Puspita AKBP Audie Latuheru dan Bripka Indria Pujiastuti saat mengendarai pesawat kecil tipe fixed wings jenis Cessna 172, Sabtu (17/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com — Terbang dengan pesawat kecil berkapasitas empat orang dengan tipe fixed wings akan menjadi pengalaman yang luar biasa.

Apalagi, tipe pesawat ini sama dengan pesawat yang digunakan polisi saat mengintai kapal bermuatan 1,6 ton sabu beberapa waktu yang lalu.

Pilotnya pun spesial. Namanya AKBP Audie Latuheru yang saat ini menjabat Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya. Ia adalah satu-satunya penyidik di Indonesia yang juga sebagai pilot berlisensi Airbus.

Pada Sabtu (17/3/2018), Kompas.com berkesempatan terbang bersama Audie dengan pesawat fixed wings jenis Cessna 172 milik Alfa Flying Club. Cessna merupakan pesawat sayap tetap empat kursi dan bermesin tunggal.


Audie mengatakan, pesawat jenis Cessna ini menjadi pesawat andalan di sekolah penerbangan di hampir seluruh dunia.

Dengan demikian, hampir semua pilot pernah merasakan belajar menerbangkan pesawat dengan jenis ini.

Pesawat ini dirancang agar mudah terbang dan bisa mendarat dalam kondisi yang tak terlalu ideal.

Itulah sebabnya pesawat jenis ini dipilih untuk melakukan pengintaian kapal bermuatan narkoba beberapa waktu lalu.

Tidak hanya Audie, hari itu kami juga ditemani satu-satunya polisi wanita (polwan) di Indonesia yang mengendalikan helikopter, Bripka Indria Pujiastuti, sebagai kopilot. Tak sembarang pilot dapat menerbangkan pesawat jenis ini.

"Kalau ingin menerbangkan Cessna, seorang pilot harus punya rating atau melalui pendidikan formal dan memiliki lisensi menerbangkan pesawat Cessna. Indria ini kopilot helikopter, tetapi dia punya rating Cessna, jadi dia dan saya diizinkan mengendalikan pesawat ini," ujar Audie.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X