Polisi Tembak 4 Tersangka Pelaku Ganjal ATM di Jakarta Barat

Kompas.com - 10/04/2018, 13:37 WIB
Ilustrasi jenazah. Ilustrasi jenazah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Krimum Polres Jakarta Barat mengamankan empat tersangka spesialis pembobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) yang beroperasi di Jakarta Barat.

Kanit Krimum Polres Metro Jakarta Barat AKP Rulian Sauri mengatakan, para tersangka pelaku kerap beraksi di ATM yang berlokasi di minimarket yang ada di sejumlah wilayah di Jakarta dengan modus mengganjal kartu ATM pakai tusuk gigi. Mereka mendapat Rp 700 juta dengan melakukan kejahatan itu.

"Keempatnya beraksi di beberapa wilayah dan punya peranan masing-masing. Keempat pelaku kami berikan tindakan tegas dengan melumpuhkan menggunakan timah panas ke kaki akibat melawan petugas," kata Rulian saat dikonfirmasi, Selasa (10/4/2018).

Baca juga : Ganjal ATM dengan Tusuk Gigi, Komplotan Ini Kuras Uang 52 Nasabah

Menurut Rulian, kasus tersebut terungkap setelah pihaknya melakukan patroli dan mendapat aduan warga. Polisi kemudian mencari tahu keberadaan para pelaku.

Hasilnya, Jumat lalu, polisi mengamankan dua pelaku, Rusdi (37) dan Mulyadi (40), yang tinggal di salah satu hotel di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara. Pengembangan dilanjutkan dengan penangkapan beberapa tersangka lainnya. Firmansyah (29) ditangkap di kawasan Jembatan Besi pada Sabtu, sementara tersangka Irfan Maulana (39) diamankan di Kampung Caringin, Tangerang, pada Mingg.

"Penangkapan empat pelaku itu di hari dan lokasi yang berbeda, ada di Jakarta Utara, hingga Tangerang," ujar Rulian.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X