Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas, Dishub Akan Tutup Simpang Tambak

Kompas.com - 10/04/2018, 15:25 WIB
Simpang Tambak akan ditutup untuk cegah kemacetan, Selasa (10/4/2018)Stanly Ravel Simpang Tambak akan ditutup untuk cegah kemacetan, Selasa (10/4/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menutup Simpang Tambak, Rabu (11/4/2018). Penutupan simpang itu untuk mengurai kemacetan akibat rekayasa lalu lintas uji coba operasional lintas bawah (underpass) Matraman. 

“Besok saya mau coba tutup crossing dari Tambak menuju Matraman. Jadi enggak akan ada crossing," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah kepada wartawan di Simpang Tambak, Jakarta Pusat, Selasa (10/4/2018).

Dengan penutupan tersebut, kendaraan dari arah Tambak tidak bisa langsung ke Matraman, tetapi masuk ke Jalan Proklamasi dan berputar di Megaria.

Baca juga: Kadishub DKI: Enggak Apa-apa Dimaki-maki, Uji Coba Underpass Matraman Akan Dievaluasi


Sementara kendaraan dari Jalan Proklamasi menuju Tambak akan dialihkan terlebih dahulu dan berputar balik di bawah jembatan layang Matraman.

"Berputar juga enggak ada 100 meter. Jadi kami sudah evaluasi besok akan hindari crossing. Kalau lalu lintas padat dan ada crossing, itu jadi beban," ujarnya. 

Seperti diketahui, Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas menyusul dibukanya underpass Matraman. Salah satu penyebab panjangnya kemacetan karena ada beberapa perubahan alur perjalanan.

Baca juga: Macet di Matraman-Tambak, Sandiaga Akan Tinjau Underpass Matraman Malam Ini

Salah satunya di simpang Tambak dan Megaria. Kendaraan menuju Jalan Proklamasi yang tadinya satu arah kini diberlakukan dua arah.

Banyak warga mengeluh telat datang ke kantor akibat terjebak kemacetan parah itu.

Mereka mengaku terjebak dalam kemacetan parah selama berjam-jam, baik di dalam transjakarta maupun yang menggunakan mobil pribadi.

Kompas TV Rencana awal underpass Matraman akan dilakukan uji coba pada Selasa, 3 April 2018, setelah sebelumnya sempat diundur.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X