OK OCE di Kelapa Gading Didominasi Ibu Rumah Tangga yang Ingin Usaha - Kompas.com

OK OCE di Kelapa Gading Didominasi Ibu Rumah Tangga yang Ingin Usaha

Kompas.com - 17/04/2018, 11:46 WIB
Suasana pelatihan OK OCE di Kantor Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (17/4/2018).KOMPAS.COM/Ardito Ramadhan D Suasana pelatihan OK OCE di Kantor Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (17/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Peserta pelatihan program One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE) di Kantor Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, didominasi oleh para ibu rumah tangga. Mereka disebut ingin mempunya usaha.

Staf Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Utara Aji mengatakan, hanya sedikit peserta yang mempunyai latar belakang sebagai pengusaha.

"Dari 100 persen (peserta), paling hanya 20 persen yang sudah punya usaha. Kebanyakan ibu rumah tangga. Harapannya, mereka bisa punya usaha dan penghasilan tambahan," kata Aji kepada Kompas.com, Selasa (17/4/2018).

Baca juga : Puluhan Warga Kelapa Gading Ikuti Pelatihan OK OCE

Aji mengatakan, para ibu rumah tangga yang telah mempunyai usaha, tetap antusias mengikuti pelatihan yang digelar oleh Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Utara tersebut.

Pasalnya, ada berbagai bidang usaha yang menjadi materi pelatihan, sehingga para ibu rumah tangga tersebut dapat menentukan bidang usaha mana yang cocok bagi mereka.

"Pengusaha itu kan tipe yang ingin mengembangkan diri, dan kadang orang tidak akan puas dengan hal itu. Bisa saja mereka punya usaha 'A' tapi tertarik untuk bikin usaha 'B'," ujar Aji.

Baca juga : Sejak Dibuka Desember, Anggota OKE OCE Sudah Mencapai 16.000 Orang

Ia menjelaskan, ada empat materi bidang usaha yang dibahas di pelatihan OK OCE. Keempat bidang tersebut adalah kerajinan (craft), kuliner, elektronik, dan fashion. Keempat bidang usaha itu akan dibahas bergantian setiap minggunya.

Diketahui, Suku Dinas Perindustrian dan Energi pada pekan ini menggelar pelatihan OK OCE di kantor Kecamatan Kelapa Gading. Sebelumnya, kegiatan serupa telah diadakan di sejumlah kecamatan di wilayah Jakarta Utara.



Close Ads X