Ada Kapal Baru, Warga Kepulauan Seribu Dapat Pangan Bersubsidi

Kompas.com - 09/05/2018, 14:22 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Kapal motor (KM) Banawa Nusantara 24 di Pulau Tidung, Rabu (9/5/2018). KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFARGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Kapal motor (KM) Banawa Nusantara 24 di Pulau Tidung, Rabu (9/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapal Motor (KM) Banawa Nusantara 24 diresmikan pengoperasiannya oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Pulau Tidung, Rabu (9/5/2018).

Kapal pemberian Kementerian Perhubungan tahun 2017 itu bakal difungsikan untuk mengangkut logistik dari Jakarta ke pulau-pulau di Kepulauan Seribu.

"Selama ini mereka yang tinggal di Kepulauan Seribu harga-harga kebutuhan pokok relatif tinggi, suplainya relatif jarang," kata Anies.

Baca juga : 8 Sekolah di Kepulauan Seribu Diresmikan


Sebelum ada kapal itu, warga Kepulauan Seribu tak dapat pangan bersubsidi seperti wilayah lainnya di Jakarta. Dengan adanya kapal pelayaran rakyat itu, warga berpenghasilan rendah bisa dapat beras, daging ayam, daging sapi, ikan kembung, telur ayam, dan susu UHT sekali setiap bulannya.

"Kemarin kapal hanya bisa berkeliling dua kali dalam satu bulan. Dengan adanya kapal baru ini insya Allah akan menjadi enam kali dalam satu bulan, jadi ada lonjakan tiga kali lipat," ujar Anies.

Kapal pelayaran rakyat itu berkapasitas angkut 24 orang dan 10 ton barang. Kecepatannya mencapai 11 knot.

DKI mendapat satu kapal dari permintaan awal dua kapal.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X