Antisipasi Teror, Polres Jakarta Timur Perketat Pemeriksaan Pengunjung - Kompas.com

Antisipasi Teror, Polres Jakarta Timur Perketat Pemeriksaan Pengunjung

Kompas.com - 17/05/2018, 13:54 WIB
Keamanan Polres Jaktim diperketat, Jakarta (17/5/2018)Stanly Ravel Keamanan Polres Jaktim diperketat, Jakarta (17/5/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Turunnya status Siaga 1 menjadi Siaga di Jakarta tak menjadikan aparat kepolisian menurunkan kewaspadaan setelah terjadinya rentetan teror bom di sejumlah markas polisi.

Keamanan sejumlah polres dan polsek di Jakarta pun ditingkatkan, salah satunya di Mapolres Jakarta Timur.

Beda dengan biasanya, masyarakat yang datang kini harus melalui rangkaian pemeriksaan ketat dari petugas yang berjaga menggunakan laras panjang.

Sebelum masuk ke area gedung melalui pintu utama, warga diperiksa oleh petugas dari jauh. Petugas menyediakan meja dan payung besar di luar halaman gedung yang jaraknya kurang lebih 10 meter dari pintu utama.

Baca juga: Pengamanan Bandara SMB II Palembang Diperketat

Meja ini digunakan warga untuk mengeluarkan barang bawaannya yang kemudian diperiksa petugas dari jauh.

Setelah dinyatakan aman, petugas pun mengizinkan pengunjung masuk. Namun, portal di pintu masuk tidak dibuka lebar.

Kemudian, setelah berada di halaman, pengunjung kembali diperiksa. Petugas pun menanyakan keperluan pengunjung.

Bagi pengunjung yang membawa tas, petugas akan meminta mereka meninggalkan dan menitipkan tasnya pada petugas yang berjaga di luar dan kembali diambil bila urusan sudah selesai.

Baca juga: Pengamanan Bandara El Tari Kupang Diperketat, Semua Kendaraan Diperiksa Aparat TNI

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Kamis (17/5/2018), beberapa pengunjung sedikit kebingungan dengan proses keamanan yang tidak biasa ini.

Namun, mereka mengikuti prosedur pengamanan tersebut. "Sempat kaget, karena di periksa berkali-kali. Terus pas mau naik (ke dalam gedung) harus tinggal tas, jadi kalau ada berkas yang mau kita bawa ya harus tanpa tas," ucap Rizal yang mengaku datang untuk mengurus surat-surat.


Komentar
Close Ads X