Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Bidaracina Hanguskan 46 Rumah Warga

Kompas.com - 28/05/2018, 16:12 WIB
Stanly Ravel,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekertaris Lurah Bidaracina di Jakarta Timur, Sri Mulyati, mengatakan, 46 unit rumah terbakar dalam kebakaran di Jalan Sensus, Kecamatan Jatinegara, Minggu (27/5/2018) dini hari kemarin.

"Total rumah yang terbakar itu ada 46 rumah, bukan 40. Satu rumah yang di-police line itu diduga jadi penyebabnya," kata Sri di lokasi kebakaran, Senin.

Sri mengatakan, 46 rumah yang terbakar itu berada di RT 07 dan 08. Sebanyak 56 keluarga kehilangan tempat tinggal dalam peristiwa itu.

Baca juga: Kebakaran di Bidara Cina Diduga dari Ledakan Tabung Gas Saat Sahur

"Dari 56 KK (kepala keluaga) itu ada 221 jiwa. Kalau dibagi, 40 lansia, 45 anak-anak, 20 balita, dan sisanya itu dewasa 116 orang," kata dia.

Kondisi pemukiman di kawasan itu berdempetan. Rumah yang terbakar letaknya umumnya  dekat dengan bantaran Sungai Ciliwung.

Saat ini, warga terdampak tinggal di tiga tenda milik Dinas Sosial yang didirikan dekat bantaran Ciliwung. Rencanaya, warga akan tinggal di lokasi hingga Jumat mendatang.

"Rencana kami tiga hari, tapi kami tambah lagi tiga hari, jadi mungkin sampai Jumat nanti. Untuk prioritas utama, kami akan carikan kontrakan untuk warga yang punya bayi terlebih dahulu," kata dia.

Sebelumnya, kebakaran juga menghanguskan puluhan rumah di Pondok Bambu dan Cipinang Muara di Jakarta Timur.

Baca juga: Ada 46 Bangunan Tempat Tinggal yang Terbakar di Pondok Bambu dan Cipinang Muara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com