Selama Ramadhan, Vihara Dharma Bakti Sediakan Takjil untuk Berbuka - Kompas.com

Selama Ramadhan, Vihara Dharma Bakti Sediakan Takjil untuk Berbuka

Kompas.com - 29/05/2018, 15:54 WIB
Petugas saat membagikan duit kepada pengemis di Kelenteng Kim Tek Ie atau Vihara Dharma Bakti, Glodok, kawasan Petak Sembilan, Jakarta Barat, Sabtu (28/1/2017). Warga keturunan Tionghoa melakukan sembahyang sebagai ungkapan syukur merayakan Tahun Baru Imlek 2568 dengan Shio pada imlek tahun ini adalah Ayam Api.GARRY ANDREW LOTULUNG Petugas saat membagikan duit kepada pengemis di Kelenteng Kim Tek Ie atau Vihara Dharma Bakti, Glodok, kawasan Petak Sembilan, Jakarta Barat, Sabtu (28/1/2017). Warga keturunan Tionghoa melakukan sembahyang sebagai ungkapan syukur merayakan Tahun Baru Imlek 2568 dengan Shio pada imlek tahun ini adalah Ayam Api.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama Ramadhan, Vihara Dharma Bakti, di Glodok, Jakarta Barat, menyediakan hidangan berbuka atau takjil bagi warga yang berpuasa.

Pengurus Vihara Dharma Bakti Asen mengatakan, ada 300 piring makanan berbuka yang setiap hari disediakan di vihara tersebut.

"Kalau bubur disiapkan dari vihara, tapi kalau nasi dibeli pesan, jadi mereka siapkan 300 piring per hari," ujar Asen sat ditemui di Vihara Dharma Bakti, Selasa (29/5/2018).

Asen mengatakan, kegiatan tersebut pertama kali dilakukan di Vihara Dharma Bakti pada Ramadhan tahun ini. Hal itu dilakukan untuk mempererat tali silahturahim dan persaudaraan antar umat beragama.

Baca juga: Umat Buddha Bagi-bagi Takjil usai Ritual Waisak di Candi Mendut

Makanan yang disediakan untuk berbuka dibeli dari pedagang yang berada di sekitar vihara. Setiap hari, pedagang makanan diberi giliran untuk menyediakan menu berbuka puasa.

"Baru tahun ini kami adakan. Menu-menunya kami cari dari orang yang dagang di sini, jadi tiga hari sekali ganti pedagang supaya mereka juga dapat giliran (rezeki). Setiap hari menunya selalu berbeda," ujar Asen.


Terkini Lainnya


Close Ads X