Sandiaga Sebut Teknologi Pengolah Limbah Tinja Bakal Dipakai untuk Bersihkan Kali Item - Kompas.com

Sandiaga Sebut Teknologi Pengolah Limbah Tinja Bakal Dipakai untuk Bersihkan Kali Item

Kompas.com - 31/05/2018, 13:58 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Jalan Salemba Tengah Raya, Jakarta Pusat, Kamis (31/5/2018).KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Jalan Salemba Tengah Raya, Jakarta Pusat, Kamis (31/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, teknologi pengolah limbah tinja jadi air bersih bakal digunakan untuk membersihkan Kali Item.

Kata Sandiaga, rencana itu didorong oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Pengolahan air limbah sungai sekarang yang sungai, Kali Item, sekarang atas instruksi Pak Wapres salah satunya kita mencoba sistem yang diperkenalkan oleh PT MJH," kata Sandiaga Uno di Jakarta Pusat, Kamis (31/5/2018).

Baca juga: Olahan Limbah Tinja PD PAL Jaya Bisa untuk Cuci Mobil

PT MJH Lestari Internasional yang dimaksud Sandiaga itu beberapa waktu lalu menghadirkan teknologi pengolahan limbah yang bisa mengubah limbah tinja jadi air bersih dalam waktu setengah jam.

Kata Sandiaga, teknologi itu masih diujicobakan di IPLT milik PD PAL Jaya. Sandiaga berharap, teknologi itu bisa dimanfaatkan sebelum Asian Games agar Kali Item yang melintasi Wisma Atlet Kemayoran bisa lebih enak dipandang.

"Sebagian sungai Kali Item itu bisa kita olah jadi warnanya bisa lebih jernih, bisa tidak menimbulkan aroma yang tidak sedap karena itu dekat sekali dengan venue Asian Games, dekat sekali dengan kafetaria yang akan digunakan oleh atlet dan official untuk kegiatan dining," kata Sandiaga.

Baca juga: PD Pal Jaya: Air Hasil Olahan Limbah Tinja Tidak untuk Diminum

Ia juga mengatakan, kemungkinan Pemprov DKI Jakarta melibatkan ahli yang kompeten agar bisa mendorong pemanfaatan pengolahan limbah untuk Kali Item.



Close Ads X