Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Mudik, Polda Metro Jaya Akan Gelar Operasi Ketupat 7 Juni

Kompas.com - 31/05/2018, 14:16 WIB
Stanly Ravel,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengantisipasi musim mudik yang tinggal beberapa hari lagi, jajaran Polda Jaya Metro akan menggelar operasi kemanusian dengan nama Operasi Ketupat.

"Operasi kemanusiaan, jadi namanya sudah kita ganti, bukan Ramadhania tapi Operasi Ketupat dan akan kita gelar mulai tanggal 7 Juni sampai 14 hari ke depan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, kepada wartawan, Kamis (31/5/2018).

Argo mengatakan, operasi ini meliputi pengamanan masyarakat baik yang hendak mudik, berbelanja, ibadah, dan melakukan rekreasi. Karena itu, penempatan personel akan difokuskan ke lokasi-lokasi yang ada kaitan dengan hal tersebut.

Baca juga: Cerita Kapolri yang Terinspirasi Nama Anak Tetangga sebagai Pengganti Sandi Operasi Ketupat

"Orang yang mudik ada lewat jalur udara, laut, darat mulai dari terminal keberangkatan kita berikan pengamanan, dan juga tempat giat agama yaitu saat Shalat Id," ujar Argo.

Untuk jumlah personel yang akan diturunkan, lanjut Argo, sedang dalam pendataan, dan tanggal 6 Juni nanti akan diadakan gelar pasukan.

"6 Juni akan dilakukan gelar pasukan, jadi masih ada beberapa hari dan kita baru bisa dapat jumlah pasti pada saat gelar nanti," papar dia.

Baca juga: Pengamanan Lebaran, Polisi Awasi Perumahan Mewah

Pergelaran pasukan dimaksudkan untuk memastikan kesiapan personel maupun peralatannya, baik itu dari unsur kepolisian, TNI, pemprov, dan sebagainya.

"Kesiapan kita tunjukkan bahwa Operasi Ketupat ini kita sudah siap untuk dilaksanakan," ujar dia.

Kompas TV Satuan Sabhara Polrestabes Surabaya, Jawa Timur, melakuan pengamanan obyek vital, salah satunya di Stasiun Gubeng Surabaya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com