Saat Porter Stasiun Beri Penghormatan kepada Penumpang yang Berangkat

Kompas.com - 11/06/2018, 20:39 WIB
Para porter, petugas keamanan, serta sejumlah pegawai PT KAI di Stasiun Senen memberikan penghormatan kepada para penumpang yang berangkat menggunakan kereta api dari stasiun itu, Senin (11/6/2018).KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA Para porter, petugas keamanan, serta sejumlah pegawai PT KAI di Stasiun Senen memberikan penghormatan kepada para penumpang yang berangkat menggunakan kereta api dari stasiun itu, Senin (11/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemandangan berbeda terlihat di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Senin (11/6/2018). Para porter, petugas keamanan, serta sejumlah pegawai PT KAI di Stasiun Senen memberikan penghormatan kepada para penumpang yang berangkat dengan kereta api dari stasiun itu.

Sesaat sebelum kereta berangkat, para porter dan pegawai PT KAI yang lain berdiri sejajar sambil meletatakan tangan di dada. Saat kereta mulai melaju, dengan kompak mereka menundukan kepala hingga kereta meninggalkan stasiun.

Hal itu dilakukan terhadap semua kereta dan penumpang yang hendak meninggalkan Stasiun Senen.

Salah satu porter di Stasiun Senen, Suswanto, mengatakan, hal itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan PT KAI dan seluruh porter di Stasiun Senen terhadap para penumpang. Hal itu baru dilakukan pada musim mudik tahun ini.

Baca juga: PT KAI Berangkatkan 24.922 Penumpang dari Stasiun Senen Hari Ini

"Ini kan untuk menghormati para penumpang, ya kurang lebih pengertiannya sama-sama menghormatilah. Kalau saya rasa sih positif ya," ujar Suswanto.

Hal senada disampaikan Irham, anggota komunitas pencinta kereta dari "Edan Sepur" yang menjadi sukarelawan di Stasiun Senen. Irham mengatakan, mereka diwajibkan untuk memberikan penghormatan bagi penumpang yang naik kereta.

"Enggak ada kereta yang dibedakan, semua sama saja, itu bentuk penghormatan kami kepada penumpang," ujar Irham.

Sejak Senin pagi, Stasiun Senen dipadati penumpang ke berbagai tujuan. Sejumlah penjagaan dari internal stasiun hingga petugas kepolisian dikerahkan untuk menjaga keamanan di kawasan tersebut.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya


Close Ads X