Pemprov DKI Ingin Hidupkan Pasar Seni Ancol dengan Budaya Betawi - Kompas.com

Pemprov DKI Ingin Hidupkan Pasar Seni Ancol dengan Budaya Betawi

Kompas.com - 13/06/2018, 19:04 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberikan sambutan pada peresmian Pusat Oleh-oleh Kebudayaan Betawi di Pasar Seni, Ancol, Rabu (13/6/2018).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberikan sambutan pada peresmian Pusat Oleh-oleh Kebudayaan Betawi di Pasar Seni, Ancol, Rabu (13/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyambut positif rencana penataan Pasar Seni Ancol menjadi pusat kebudayaan Betawi yang bernama Kampung Betawi.

Sandiaga berharap konsep tersebut dapat kembali menghidupkan aktivitas di Pasar Seni sekaligus membuka lapangan pekerjaan.

"Kami ingin hidupkan lagi Pasar Seni ini sehingga punya kelestarian budaya Betawi. Di sini juga Pasar Seni ini tempat happening-nya anak muda," kata Sandiaga di Pasar Seni, Rabu (13/6/2018).

Baca juga: Sandiaga Klaim Pengunjung PRJ Naik 10 Persen

Sandiaga menuturkan, Kampung Betawi tersebut nantinya akan menjual produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang menonjolkan kebudayaan Betawi.

"Kami ingin ciptakan peluang bagi para UMKM dan membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas lagi," ujarnya. 

Sandiaga sebelumnya meresmikan pusat oleh-oleh khas Betawi di Pasar Seni Ancol, Jakarta Utara.

Baca juga: Sandiaga Resmikan Pusat Oleh-oleh Betawi di Pasar Seni Ancol

Pusat oleh-oleh ini disebutnya menjadi awal disulapnya Pasar Seni menjadi Kampung Betawi.

Ia menambahkan, Kampung Betawi tidak boleh hanya menonjolkan budaya Betawi yang sudah populer seperti kerak telor, melainkan juga budaya lainnya seperti dodol Betawi.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Paul Tehusijarana menuturkan, rencana pembangunan Kampung Betawi muncul akibat tidak adanya destinasi wisata di kawasan Ancol yang mengangkat kebudayaan Betawi.


Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X