Calon Penumpang di Stasiun Senen Tunggu 8 Jam untuk Batalkan Tiket - Kompas.com

Calon Penumpang di Stasiun Senen Tunggu 8 Jam untuk Batalkan Tiket

Kompas.com - 13/06/2018, 20:42 WIB
Sejumlah calon penumpang kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat harus menunggu hingga berjam-jam untuk bisa melakukan pembatalan tiket kereta. 
KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA Sejumlah calon penumpang kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat harus menunggu hingga berjam-jam untuk bisa melakukan pembatalan tiket kereta.

JAKARTA, KOMPAS.COM - Ratusan calon penumpang kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, harus menunggu selama berjam-jam untuk melakukan proses pembatalan tiket kereta.

Dari pantauan Kompas.com pada Rabu (13/6/2018) pukul 18.30 WIB, ratusan calon penumpang terlihat sabar mengantre di dalam maupun luar loket pembatalan tiket. Ada yang berdiri karena sedikitnya tempat duduk, ada juga yang lesehan di lantai.

Seorang calon penumpang bernama Resky mengatakan, ia telah mengantre sejak pukul 10.30 WIB hari ini. Resky berniat membatalkan tiket tujuan Yogyakarta yang dijadwalkan berangkat besok. Resky mendapatkan antrean 700 dan baru mendapat giliran pukul 18.30.

"Dari jam 10.30 pagi antrean saya 700. Kemarin saya sudah kemari, tapi enggak dapat nomor antrean," ujar Resky.

Baca juga: Stasiun Senen Sediakan Buka Puasa Gratis hingga Tempat Bermain Anak untuk Pemudik

Ia berharap agar pihak stasiun menambah jumlah loket pembatalan karena pada masa mudik Lebaran seperti saat ini, antrean pembatalan kian membludak.

Hal serupa dialami Suyoto, penumpang kereta yang hendak melakukan pembatalan keberangkatan menuju Bojonegoro, Jawa Timur. Suyoto telah mengantre sejak pukul 11.00 dengan nomor antrean 728.

Hingga pukul 19.00 malam ini, Suyoto belum juga mendapatkan giliran. Ia berharap agar selain menambah loket pembatalan, pihak stasiun memfasilitasi sistem pembatalan secara online. Hal itu dilakukan guna mencegah penumpukan antrean di stasiun.

"Delapan jam saya di sini nunggu, kalau selama itu saya bisa melakukan banyak aktivitas. Saya berharap agar PT KAI memfasilitasi penumpang untuk pembatalan tiket menggunakan online. Kami sudah susah-susah cari tiket pakai online, masa membatalkannya juga susah," ujar Suyoto.

Hal senada disampaikan Kusnoto. Kusnoto berencana membatalkan tiket kereta menuju Pekalongan milik adiknya. Sebelumnya, Kusnoto telah menunggu sejak pukul 10.00, dan telah mendapat giliran.

Karena tidak membawa KTP asli dan surat kuasa dari adiknya, usaha Kusnoto menunggu selama 9 jam sia-sia.

"Saya dapat nomor antrean 716 dari jam 10.00 pagi. Iya sih memang enggak lengkap syaratnya, tapi nunggunya terlalu lama," ujar Kusnoto.

Terdapat empat loket pembatalan tiket kereta di Stasiun Pasar Senen untuk melayani para calon penumpang. Proses pembatalan setelah nomor antrean calon penumpang dipanggil hanya sekitar 2 hingga 3 menit.


Komentar

Close Ads X