Selama Asian Games 2018, Tarif LRT Digratiskan - Kompas.com

Selama Asian Games 2018, Tarif LRT Digratiskan

Kompas.com - 14/06/2018, 17:54 WIB
Kereta LRT berada di stasiun OPI Mall Jakabaring Palembang, Sumatera SelatanDokumen KOMPAS.com/ Aji YK Putra Kereta LRT berada di stasiun OPI Mall Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, selama uji coba dilakukan, warga Jakarta dapat menikmati fasilitas angkutan umum Light rail Transit ( LRT) secara gratis.

"Jadi mungkin kami akan dorong selama Asian Games ini kami bebaskan dulu (biaya) untuk membangun animo masyarakat untuk menggunakan transportasi umum," ujar Sandiaga di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (14/6/2018).

Baca juga: Sandiaga Puji Kelancaran Proyek LRT untuk Menyambut Asian Games

Ia mengatakan, nantinya Pemprov DKI akan mulai melakukan penghitungan untuk menentukan tarif LRT setelah laga Asian Games, yang akan dilaksanakan mulai tanggal 18 Agustus 2018, berakhir.

"Nanti akan dihitung keekonomiannya. Ini lagi menghitung untuk memastikan bahwa awareness (kesadaran) dari masyarakat, tingkat kepengetahuan masyarakat terhadap fasilitas infrastruktur publik kelas dunia ini ada," kata dia.

Baca juga: Menhub: Padatnya Rest Area dan Proyek LRT jadi Penyebab Macet Tol Cikampek

Sandi mengatakan, pengoperasian LRT ini akan dilakukan secara bertahap. Sesuai jadwal, usai lebaran Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan melakukan sertifikasi proyek LRT.

"Pak Allan (Project Director LRT Jakarta PT Jakarta Propertindo Allan Tandiono), Pak Satya (Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Satya Heragandhi) Insyaallah setelah lebaran satu minggu tim dari Dishub akan melakukan sertifikasi," ujar Sandi.

Setelah sertifikasi dilakukan, lanjutnya, uji coba akan dilakukan selama bulan Juni hingga Juli. Sedangkan untuk pengoperasian resmi LRT akan dilakukan pada bulan Agustus 2018.



Close Ads X