Lurah Duga Saluran Air yang Kotor di Duren Sawit karena Proyek Turap - Kompas.com

Lurah Duga Saluran Air yang Kotor di Duren Sawit karena Proyek Turap

Kompas.com - 25/06/2018, 17:15 WIB
Petugas Pasukan Biru dari Dinas Tata Air membersihkan saluran air di Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur pada Senin (25/6/2018). Keluerahan Malaka Sari Petugas Pasukan Biru dari Dinas Tata Air membersihkan saluran air di Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur pada Senin (25/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Lurah Malaka Sari Jarden Pakpahan menilai penumpukan sampah di saluran air Jalan I Gusti Ngurah Rai, Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur adalah dampak perbaikan turap.

"Saluran tersebut sedang dalam perbaikan turap yang dilaksanakan oleh Sudin Tata Air sehingga mungkin jadi kelihatan kotor dan tidak terawat. Namun, PPSU kami senantiasa melaksanakan tugas di mana pun dibutuhkan," ujar Jarden kepada Kompas.com, Senin (25/6/2018).

Ia mengatakan, saluran penghubung (PHB) yang berada di Jalan I Gusti Ngurah Rai bukan salurah di bawah ukuran 60 sentimeter.

Dengan demikian, saluran tersebut tidak ditangani secara langsung oleh pihak kelurahan maupun Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur melainkan UPK Badan Air Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Menengok Saluran Air Penuh Sampah di Duren Sawit

Menurutnya, pihak UPK Badan Air menurunkan tiga orang petugas kebersihan setiap harinya di lokasi tersebut. 

"PHB tersebut rutin dibersihkan. Namun memang selama perbaikan, cepat sekali penimbunan sampah," katanya.

Ia menyampaikan proyek turap tersebut telah dilakukan sejak satu tahun lalu secara berkala. Mulai dari wilayah Malaka Jaya dan dilanjutkan Malaka Sari.

Baca juga: Pasukan Oranye Bersihkan Sampah yang Penuhi Saluran Air di Duren Sawit

"Turap tahun lalu sudah dibongkar, namun baru mulai diperbaiki bulan Februari. Lokasi juga ada pembendungan untuk mempermudah pengerjaan," tambahnya.

Kotornya saluran air tersebut sempat menjadi perbincangan netizen di Facebook pada Sabtu (23/6/2018). Pada Senin pagi, Kelurahan Malaka Sari menurunkan Pasukan Biru dari Dinas Tata Air sudah membersihkan saluran tersebut.


Close Ads X