Gardu Listrik Bawah Tanah yang Pertama Akan Dibangun di Monas

Kompas.com - 28/06/2018, 17:23 WIB
Suasana Monumen Nasional (Monas), Selasa (26/6/2018)KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELA Suasana Monumen Nasional (Monas), Selasa (26/6/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia akan segera memiliki gardu listrik yang dibangun di bawah tanah untuk pertama kalinya. Gardu listrik ini akan dibangun PT MRT Jakarta di dalam area Monas.

"Ini akan jadi gardu listrik pertama di Indonesia yang fully underground," kata Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim di kantornya, Wisma Nusantara, Kamis (28/6/2018).

Gardu listrik atau receiving sub station ini akan mengaliri listrik ke MRT fase 2 Bundaran HI-Kampung Bandan. Lokasinya berada di taman Monas di Jalan Medan Merdeka Barat dekat Taman Pandang Istana.

Baca juga: Tugu Monas, Kebanggaan Jakarta dengan Sejuta Makna


"Ini paket pengerjaan pertama untuk fase 2, mulai dilelang akhir tahun ini," ujar Silvia.

Fase 2 MRT sepanjang 8,6 kilometer akan punya tujuh stasiun yakni Stasiun Sarinah, Stasiun Monas, Stasiun Harmoni, Stasiun Sawah Besar, Stasiun Mangga Besar, Stasiun Glodok dan Stasiun Kota yang seluruhnya berada di bawah tanah.

Koridor ini akan berakhir di Depo Kampung Bandan. Proyek ini direncanakan didanai pinjaman dari Pemerintah Jepang.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X