Kunjungi Polda Metro Jaya, Komisi III Soroti Kejahatan Jalanan Jelang Asian Games - Kompas.com

Kunjungi Polda Metro Jaya, Komisi III Soroti Kejahatan Jalanan Jelang Asian Games

Kompas.com - 09/07/2018, 22:48 WIB
Politisi PDI-P Masinton Pasaribu saat berada di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/8/2017).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Politisi PDI-P Masinton Pasaribu saat berada di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/8/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu mengatakan, ada dua fokus utama yang harus menjadi perhatian aparat keamanan jelang perhelatan Asian Games 2018.

Hal itu adalah kejahatan jalanan dan terorisme. 

"Soal teroris dan street crime menjadi perhatian. Makanya tadi sudah dijelaskan bahwa ada kerja sama dengan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) juga," kata Masinton seusai mengunjungi Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (9/7/2018).

Baca juga: Puan: Persiapan Infrastruktur Asian Games 2018 Sudah 96 Persen 

Beberapa waktu belakangan, kerap terjadi kejahatan jalanan seperti penjambretan dan curanmor di wilayah Jabodetabek.

Masinton meminta hal itu diantisipasi terutama selama pelaksanaan Asian Games pada Agustus 2018. 

Ketua Komisi III DPR Kahar Muzakir mengatakan, kesiapan pengamanan Asian Games yang dilakukan Polda Metro Jaya sudah maksimal.

Baca juga: Panggung Pembukaan Asian Games 2018 Akan Pecahkan Rekor

"Tujuan kami ingin menanyakan kesiapan pengamanan dan kelancaran Asian Games, ternyata setelah kami cek di ruang komando sana, persiapannya sudah maksimal, tinggal berdoa saja," ucap Kahar.

Berdasarkan pantauannya di command centre Mapolda Metro Jaya, ia melihat polisi sudah memetakan lokasi area perhelatan Asian Games sebagai kawasan yang terpantau maksimal.

"Di situ alat-alat elektronik, satelit semua tahu tempat Asian Games dan tempat-tempat rawan. Mudah-mudahan berkat pertolongan Tuhan, itu (Asian Games) akan aman dan lancar," ujarnya. 

Baca juga: Yuk, Pilih Duta Suporter Asian Games melalui Aplikasi Ini!

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menjelaskan, pihaknya akan mengerahkan puluhan ribu personel pengamanan saat Asian Games digelar.

Penjagaan akan dilakukan mulai dari pintu-pintu kedatangan atlet. 

"Ada tim sendiri yang berkaitan pengamanan. Dari kedatangan bakal disiapkan, kami siapkan koordinasi juga dengan imigrasi," ucap Argo. 


Close Ads X