Pemprov DKI Alihkan Potong Kurban di Sekitar Equestrian ke RPH Dharma Jaya - Kompas.com

Pemprov DKI Alihkan Potong Kurban di Sekitar Equestrian ke RPH Dharma Jaya

Kompas.com - 11/07/2018, 23:22 WIB
Sosialisasi Dinas KPKP soal larangan pemotongan kurban jelang Asian Games, Rabu (11/7/2018)STANLY RAVEL Sosialisasi Dinas KPKP soal larangan pemotongan kurban jelang Asian Games, Rabu (11/7/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemprov DKI Jakarta melarang pemotongan, penampungan, dan penjualan hewan kurban dalam radius 1 km di area Equestrian Park Pulomas (JIEPP), Jakarta Timur.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, pihaknya mengalihkan pemotongan hewan kurban ke Rumah Pemotongan Hewan (RPH) PD Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur.

Tidak hanya itu, warga juga dibebaskan ongkos pemotongan hewan kurban.

Baca juga: Potong Hewan Kurban Dilarang di Sekitar Equestrian Pulomas, Anies Minta Warga Maklum

"Biaya pemotongan karena masih di bawah pengendalian kami akan dihilangkan, khusus untuk hewan kurban," ucap Darjamuni, saat menyosialisasikan kebijakan ini di Gedung JIEPP, Jakarta Timur, Rabu (11/7/2018).

Hal ini dilakukan untuk memenuhi syarat penyelenggara lomba berkuda yang sudah ditetapkan organisasi kesehatan hewan dunia. Arena equestrian Pulomas direncakan untuk perhelatan balap kuda Asian Games 2018. 

"Sertifikasi IDFZ sudah kami dapatkan, itu zona bebas penyakit berkuda. Syaratnya sejauh 1 km wajib bebas dari hewan kurban, baik itu menampung, memotong, atau menjual," ujarnya. 

Baca juga: Warga Diimbau Tak Potong Hewan Kurban Dekat Venue Asian Games

Ada 45 masjid di Kecamatan Pulogadung dan Kelapa Gading yang terdampak aturan ini. 

Pihaknya meminta pengurus masjid yang terdampak untuk memaklumi kebijakan tersebut. 

"Pemotongan kami bekerja sama dengan PD Dharma Jaya, jadi gratis. Untuk mobilisasi tidak (gratis), saya minta kepada dewan masjid, ketua RT dan RW untuk menyosialisasikan biaya mobilisasi dibebankan kepada pengurban," kata Darjamuni. 

Baca juga: Tak Boleh Ada Kambing di Sekitar Equestrian, Sandiaga Akan Konsultasi dengan Ulama

Sepeti diketahui, perhelatan Asian Games akan dimulai pada 18 Agustus dan berdekatan dengan Idul Adha yang jatuh pada 22 Agustus.


Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X