Polisi Tangkap 2 Pembobol Brangkas Berisi Uang Rp 1,7 Miliar - Kompas.com

Polisi Tangkap 2 Pembobol Brangkas Berisi Uang Rp 1,7 Miliar

Kompas.com - 12/07/2018, 19:56 WIB
Ilustrasi pencurianSHUTTERSTOCK Ilustrasi pencurian

JAKARTA, KOMPAS.com - Polisi menangkap J dan S, dua dari tujuh tersangka pembobol berangkas di salah satu pabrik di kawasan Tangerang, Banten. Saat diamankan, kedua orang itu tidak melakukan perlawanan.

Tujuh orang membobol berangkas di pabrik itu dan menggasak uang di dalamnya sebesar Rp 1,7 miliar pada Selasa (10/7/2018) lalu.

Kasat Reskrim Polres Tangerang Kompol Wiwin Setiawan mengatakan, kedua tersangka diamankan masing-masing di Bogor dan Tegal, Jawa Tengah, pada Rabu lalu.

"Kami amankan dua pelaku, ada lima lagi yang masih DPO (daftar pencarian orang)," ujar Wiwin saat dihubungi, Kamis (12/7/2018).

Baca juga: Kepala SMP Otak Pembobolan Soal UNBK di Surabaya Melarikan Diri

Dari keterangan kedua pelaku, aksi pembobolan itu telah cukup lama direncanakan. Para tersangka setiap hari mengawasi kegiatan pabrik tersebut khususnya jam kerja para pegawainya.

Mereka memutuskan untuk melancarkan aksinya pada malam hari dengan menaiki tembok belakang pabrik dan mencongkel atap ruangan direktur utama yang telah diketahui posisinya. Para pelaku menduga di ruangan tersebut terdapat simpanan uang.

Dengan menggunakan linggis, para tersangka masuk dan melihat di dalam ruangan terdapat sebuah berangkas. Para tersangka yang merupakan spesialis pencurian brangkas itu menggasak uang Rp 1,7 miliar yang tersimpan di dalam brangkas.

J dan S mengaku mendapatkan masing-masing Rp 250 juta. Uang tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, membeli emas, dan mobil.

Petugas masih melakukan pengejaran terhadap lima pelaku lainnya. Petugas juga masih menyelidiki apakah ada keterlibatan orang dalam yang membantu pembobolan brangkas tersebut.

"Uang sudah dibeliin barang-barang dan mobil yang sekarang jari barang buktinya. Kelima pelaku lainnya masih kami kejar," ujar Wiwin.


Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X