Warga Dadap Mengaku Tak Dapat Sosialisasi soal Pembangunan Jembatan PIK 2-Pulau C

Kompas.com - 18/07/2018, 12:59 WIB
Proyek pembangunan jembatan penghubung antara Pulau C dan PIK 2 di kawasan Dadap, Tangerang, Rabu (17/7/2018). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DProyek pembangunan jembatan penghubung antara Pulau C dan PIK 2 di kawasan Dadap, Tangerang, Rabu (17/7/2018).

TANGERANG, KOMPAS.com - Warga Kampung Dadap, Tangerang, mengaku tidak mendapat sosialisasi mengenai proyek pembangunan yang terjadi di kawasan tempat tinggal mereka. Mereka hanya bisa menduga bahwa proyek itu merupakan jembatan penghubung kawasan Pantai Indah Kapuk 2 dan Pulau C yang merupakan daratan hasil reklamasi.

"Kami tidak pernah dilibatkan entah itu mereka melakukan konsultasi publik kepada kami untuk menyosialisasikan bahwa di ujung muara kampung kami ini ada pengerjaan proyek besar," kata Ketua Forum Masyarakat Nelayan Kampung Baru Dadap Waisul Kurnia, Rabu (18/7/2018).

Baca juga: Jembatan Penghubung Pulau C dengan Dadap Didesain Sepanjang 1 Km

Ia mengatakan, dugaan yang muncul di kalangan warga bahwa proyek itu adalah pembangunan jembatan berdasarkan adanya tiang-tiang pancang yang berada di bibir daratan dua kawasan tersebut seolah akan membentuk bangunan jembatan.

"Yang masyarakat inginkan itu kejelasannya, untuk apa dan seperti apa proyeknya? Apa seperti yang selama ini kami dengar bahwa proyek jembatan itu melalui kampung kami atau tidak," tanya Waisul.

Dari pantauan Kompas.com, pengerjaan proyek itu masih berlangsung. Sejumlah alat berat seperti crane dan ekskavator beroperasi di kedua lokasi.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyegel Pulau C dan D pada awal Juni 2018.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan penyegelan itu, tidak boleh ada aktivitas pembangunan di pulau hasil reklamasi hingga rampungnya Peraturan Daerah mengenai zonasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.