Sambut Asian Games, Kota Tua akan Dipasangi Koneksi 5G - Kompas.com

Sambut Asian Games, Kota Tua akan Dipasangi Koneksi 5G

Kompas.com - 18/07/2018, 21:24 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Minggu (15/7/2018).KOMPAS.com/NURSITA SARI Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Minggu (15/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya tengah menjalin kerja sama dengan perusahaan telekomunikasi XL Axiata untuk menghadirkan internet koneksi 5G di kawasan Kota Tua.

"Kami lakukan untuk penyelenggaraan Asian Games, di mana akan hadir ribuan mungkin ratusan ribu masyarakat di Kota Tua, dan kami harapkan dengan adanya lahirnya 5G di Kota Tua, bisa memudahkan para wisatawan," kata Sandiaga, di Balai Kota, Rabu (18/7/2018).

Baca juga: Dampak Tersembunyi dari Rencana Peralihan Jaringan 4G ke 5G

Menurut Sandiaga, XL akan memasang teknologi WiGig yang kecepatannya jauh melampaui jaringan WiFi. Router WiGig akan dipasang di tiang-tiang penerangan jalan umum (PJU) di kawasan Kota Tua.


"Untuk 10 GB kalau kita pakai 2G itu akan memerlukan waktu 222 jam, mamakai 3G akan memakan waktu 22 jam, 4G akan memakai 2 jam, dan kalau memakai 5G hanya 3 detik. Berarti itu loncatan yang luar biasa," kata Sandiaga.

Uji coba direncanakan dimulai Agustus 2018 ini.

Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X