Jaksel Dipastikan Bebas Penyakit Kuda Jelang Asian Games - Kompas.com

Jaksel Dipastikan Bebas Penyakit Kuda Jelang Asian Games

Kompas.com - 09/08/2018, 22:07 WIB
Logo Asian Games 2018.
Inasgoc Logo Asian Games 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Selatan Wachyuni memastikan wilayah Jakarta Selatan telah menjadi zona bebas dari penyakit kuda (EDFZ) jelang Asian Games 2018.

Kepastian itu diketahui setelah Sudin KPKP Jakarta Selatan melakukan pemeriksaan terhadap 81 kuda yang berada di wilayah tersebut.

"Salah satu cabang olahraga pada Asian Games 2018 adalah lomba ketangkasan berkuda, terkait dengan kegiatan itu maka perlu diwujudkan zona bebas penyakit kuda," kata Wachyuni, Kamis (9/8/2018).

Ia menyebutkan, 81 kuda itu tersebar di Kecamatan Jagakarsa (11 ekor), Tebet (18 ekor), Cilandak (1 ekor), Pasar Minggu (10 ekor), dan Pesanggrahan (41 ekor).

Pengambilan sampel pemeriksaan kuda dilakukan sebanyak tiga kali dalam kurun waktu bulan November 2017 hingga April 2018.

Baca juga: Sambut Hari Kemerdekaan dan Asian Games, Ini Deretan Acara Menarik di Ancol

"Hasilnya tidak ditemukan adanya penyakit yang dimaksud," terangnya.

Wachyuni menambahkan, sampai dengan Juni 2018, dipastikan tidak ada kuda yang masuk ke wilayah Jakarta Selatan.

"Sesuai dengan arahan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas KPKP, dalam rentang waktu bulan Maret sampai September tidak boleh ada mutasi atau penambahan populasi kuda," ujar dia.



Close Ads X