Tangga di Samping JPO Polda Bukan Akses Menyeberang Jalan

Kompas.com - 14/08/2018, 11:01 WIB
Sejumlah warga  bertaruh nyawa saat berusaha menyeberang jalan usai turun dari Jembatan Penyeberangan Orang (JPO)  Polda di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (13/8/2018) malam. Pasalnya, tak ada pengamanan terhadap warga yang ingin menyeberang jalan menuju Jalan Jenderal Sudirman setelah turun dari JPO tersebut. KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBASejumlah warga bertaruh nyawa saat berusaha menyeberang jalan usai turun dari Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Polda di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (13/8/2018) malam. Pasalnya, tak ada pengamanan terhadap warga yang ingin menyeberang jalan menuju Jalan Jenderal Sudirman setelah turun dari JPO tersebut.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Bidang Simpang dan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo mengatakan, tangga di samping Jembatan Penyeberangan Orang ( JPO) Polda tidak diperuntukan sebagai akses warga untuk menyeberang jalan menuju tepi Jalan Jenderal Sudirman.

Heru mengatakan, tangga itu sebelumnya dibuat dan digunakan oleh pekerja proyek pembangunan mass rapid transit (MRT) untuk mempermudah akses.

"Dulu itu dibuat oleh MRT untuk akses pekerja. Jadi, itu sudah lama, tidak ada unsur sengaja dibuat untuk pengguna JPO, tapi akses pekerja," ujar Heru, melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Selasa (14/8/2018).

Baca juga: Bertaruh Nyawa Menyeberang dari JPO Polda ke Tepi Jalan Sudirman

Saat ditanyakan apakah tangga tersebut akan ditutup, Heru tidak menjawab. Heru hanya menyebut, akan memerintahkan petugasnya dibantu pihak MRT untuk merapikan tangga tersebut.

"Kami koordinasikan dengan MRT untuk dirapikan kembali," ujar Heru.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan, antara JPO Polda dan Jalan Jenderal Sudirman memang tidak diperuntukan sebagai lokasi penyeberangan jalan.

Namun, untuk keamanan, Sigit telah memerintahkan petugasnya untuk menjaga kawasan tersebut.

"Garis putih itu marka pembagian jalur, bukan zebra cross. Tidak (bukan tempat penyeberangan). Saya sudah perintahkan anggota (menjaga lokasi)," ujar Sigit.

Sebelumnya, sejumlah warga terpaksa bertaruh nyawa saat berusaha menyeberang jalan usai turun dari JPO Polda di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

Sebab, tidak ada pengamanan terhadap warga yang ingin menyeberang menuju Jalan Jenderal Sudirman.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X