Pasukan Oranye Temukan Isi Perut Hewan Dibuang di Kali Cipinang

Kompas.com - 24/08/2018, 17:10 WIB
Pasukan oranye menemukan jeroan hewan kurban di Kali. INSTAGRAM/ @upkbadanairdlhdkiPasukan oranye menemukan jeroan hewan kurban di Kali.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Petugas UPK Badan Air Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta atau kerap disebut pasukan oranye Kecamatan Makasar menemukan ratusan kilo isi perut hewan dibuang di Kali Cipinang, Kebon Pala, Makasar, Jakarta Timur, Jumat (24/8/2018).

Informasi ini diunggah dalam akun Instagram resmi UPK Badan Air Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta @upkbadanairdlhdki.

Dalam unggahan tersebut, terlihat sejumlah pasukan oranye mengumpulkan isi perut hewan di sepanjang high density polyethylene (HDPE) yang membentang di permukaan sungai.

"Ratusan jeroan (isi perut hewan) tersebut diperkirakan dibuang ke kali pada malam hari paska kegiatan pemotongan hewan kurban," demikian isi keterangan dalam unggahan tersebut seperti dikutip Kompas.com, Jumat.


Baca juga: Ramai-ramai Warga Bersihkan Jeroan Hewan Kurban di Sungai Kulon Progo

Admin akun tersebut menyebut bau menyengat timbul akibat pembuangan limbah tersebut.

"Isi perut jeroan diangkat langsung oleh pasukan orangnya UPK badan air Kecamatan Makasar yang sedang bertugas dan dikumpulkan di tempat penampungan sementara untuk kemudian diangkut ke dalam kendaraan operasional pengangkut sampah UPK Badan Air DLH," lanjut keterangan dalam unggahan tersebut.

 

Jakarta, Ratusan kilo isi perut hewan (jeroan) ditemukan di kali Cipinang Kel. Kebon Pala, Kec. Makasar oleh Pasukan Orange UPK Badan Air Kecamatan Makasar (24/08). Ratusan jeroan tersebut diperkirakan dibuang ke kali pada malam hari pasca kegiatan pemotongan hewan Qurban. Akibat dari perilaku yang tidak patut itu, menyebabkan bau tidak sedap yang sangat menyengat dari Kali. Isi perut (jeroan) diangkat langsung oleh #PasukanOrange UPK Badan Air Kecamatan Makasar yang sedang bertugas, dan di kumpulkan di Tempat Penampungan Sementara untuk kemuduan diangkut ke dalam kendaraan operasional pengangkut sampah UPK Badan Air DLH. (EFS) . @dkijakarta @dinaslhdki @aniesbaswedan @sandiuno @isnawa_adji @alimaulanahakim @peduli.jakarta @infojkt24 @jakartamajubersama @tribunnews @detikcom @kompascom @metrotv @koransindo @tirtoid @kumparancom @netmediatama @info_betawi @jktinfo @popular_jakarta @tajukjakarta @jakarta.ku @beritajakarta @jakarta_terkini @liputan6 @tvrinasional @okezonecom @tempodotco @mediaindonesia . #upkbadanair #dinaslhdki #pasukanorange #bersihbisakok #jakartabebassampah #jakartabebassampah2020 #welovejakarta #lesswastemoregames

A post shared by UPK Badan Air DLH DKI (@upkbadanairdlhdki) on Aug 23, 2018 at 11:25pm PDT

Saat dikonfirmasi, Jumat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji membenarkan temuan jeroan hewan tersebut.

Pada Sabtu (18/8/2018) akun Instagram ini juga sempat mengunggah foto lima bangkai kambing terapung di permukaan Kali Utan Kayu, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Foto penemuan lima bangkai kambing tersebut sempat diunggah di akun pribadi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies kemudian meminta jajarannya menyosialisasikan cara pembuangan limbah hewan kurban yang tepat kepada masyarakat Jakarta.

"Jadi, kemarin ketika kami melepas para pemeriksa (hewan kurban), salah satu yang dititipkan adalah tentang pengelolaan limbah," ujar Anies, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (22/8/2018).

Baca juga: Warga Diimbau Tak Buang Limbah Hewan Kurban Sembarangan

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (DKPKP) DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, sesuai arahan gubernur, pihaknya telah meminta para panitia kurban membuat lubang-lubang pembuangan dan mengubur limbah pemotongan hewan kurban tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X