Tahapan-tahapan yang Mesti Dilalui MRT Jakarta Sebelum Beroperasi

Kompas.com - 28/08/2018, 17:59 WIB
MRT di Depo Lebak Bulus, Selasa (28/8/2018) KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI MRT di Depo Lebak Bulus, Selasa (28/8/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum beroperasi secara resmi pada pertengahan Maret 2019, ada serangkaian uji coba yang mesti dilalui Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Sejak 9 Agustus ini, MRT Jakarta memasuki tes integrasi sistem persinyalan di jalur utama menggunakan kereta (system acceptance testing/SAT).

"Fase yang sekarang ini pengecekan terhadap sistem. Artinya yang kami periksa itu bagaimana sistem-sistem ini berfungsi, signaling sudah dipasang tapi harus dicek, listrik sudah dipasang, tapi harus dicek keberfungsiannya," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar di Depo MRT Lebak Bulus, Selasa (28/8/2018).

Saat ini, uji coba pertama dilakukan selama lima  minggu hingga 10 september 2018.

Baca juga: Uji Coba Persinyalan, Pengerjaan MRT Capai 95,97 Persen

Selanjutnya, 10 September 2018 akan dimulai uji coba pergerakan kereta (dynamic test) di jalur utama. Pada 12 November 2018 kereta akan mulai uji coba operasi sistem perkeretaapian secara terintegrasi oleh kontraktor. 

Selanjutnya, 8 Desember mulai uji coba kereta kedua hingga 16 di jalur utama.

"Untuk kereta kedua sampai 16 tidak sampai 5 minggu, pengetesan hanya sekitar 2 minggu. Per hari ini di depo Lebak Bulus sudah parkir 6 rangkaian kereta atau 36 kereta," kata dia.

Pada pertengahan Desember 2018 MRT akan melakukan uji coba paralel dan memulai trial run atau uji coba operasi tetapi tanpa penumpang.

"MRT baru akan memulai uji coba saat semua sistem sudah yakin untuk dioperasikan. Jadi tiap hari disupervisi oleh kontraktor, konsultan MRT dan kemenhub ketika kami sudah yakin sistem kami uji coba operasi," ujar William.

Baca juga: Maret 2019 Warga Jakarta Sudah Bisa Menikmati MRT

Pada 15 Februari 2019 akan dilakukan full trial run yaitu uji coba seolah-olah kereta telah beroperasi.

"Keluar jam 5, berangkat jam 5, mengikuti GPK (grafik perjalanan kereta). Mulai uji coba operasi sistem perkeretaapian oleh MRT," ujarnya.

Dan yang terakhir, pada pertengahan Maret 2019 MRT akan mulai beroperasi secara komersial.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X