Macet ke Arah Bandara Soekarno-Hatta, Jasa Marga Siapkan "Contraflow" - Kompas.com

Macet ke Arah Bandara Soekarno-Hatta, Jasa Marga Siapkan "Contraflow"

Kompas.com - 13/09/2018, 22:04 WIB
Satlantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta bekerjasama dengan Induk Jaya 5 Ditlantas Polda Metro Jaya dan Jasa Marga untuk mengatur rekayasa lalu lintas akibat kemacetan yang terjadi sejak sore pada Kamis (13/9/2018).   Dok. Satlantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta Satlantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta bekerjasama dengan Induk Jaya 5 Ditlantas Polda Metro Jaya dan Jasa Marga untuk mengatur rekayasa lalu lintas akibat kemacetan yang terjadi sejak sore pada Kamis (13/9/2018).

TANGERANG KOTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga Persero Tbk menyiapkan solusi alternatif dengan sistem contraflow untuk mengurai kepadatan lalu lintas yang terjadi dari Rawa Bokor, Jakarta Barat menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Sebab, sejak Kamis (13/9/2018) sore terjadi kemacetan di ruas Tol Prof Dr Ir Soedijatmo akibat pekerjaan jalan arteri selepas off ramp Rawa Bakor (KM 32) dan terjadi sistem buka tutup jalan di sana.

"Jika kanalisasi dan buka tutup situasional masih belum efektif mengurai kepadatan, Jasa Marga mempersiapkan pemberlakuan contraflow. Meski demikian, pemberlakuan contraflow merupakan diskresi pihak Kepolisian," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan rilisnya, Kamis malam.

Baca juga: Macet ke Bandara Soekarno-Hatta, Polisi Tutup Akses Rawa Bokor ke Benda

Keputusan penerapan sistem contraflow akan diberlakukan setelah melihat kondisi lapangan dan berkoordinasi dengan pihak terkait.

Sementara itu, dalam kemacetan kali ini, Jasa Marga bersama pihak polisi lalu lintas telah melakukan kanalisasi sepanjang 500 meter jelang KM 32 agar pengendara arah Bandara Soekarno-Hatta tidak terlambat.

Setelah itu, mereka memberlalukan sistem buka tutup dari akses Rawa Bokor menuju Tangerang pada Kamis pukul 19.55 WIB.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Untuk itu kami imbau pengguna jalan tol yang akan menuju arah Bandara dapat menggunakan lajur paling kanan untuk menghindari antrean kepadatan," kata Dwimawan.


Close Ads X