Waduk Poncol Dikeruk, Warga Berbondong-bondong Menjala Ikan

Kompas.com - 20/09/2018, 14:18 WIB
Warga menjala ikan di Waduk Poncol, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (20/9/2018).KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Warga menjala ikan di Waduk Poncol, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (20/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Waduk Poncol di Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan dikeruk untuk antisipasi banjir, Kamis (20/9/2018).

Pengerukan waduk ini dimanfaatkan warga sekitar. Pada Kamis siang, terlihat 10 warga menebar jala ke tengah waduk. Ada pula yang memilih menjala dari atas eretan.

Bambang, warga RW 005 Ragunan, mengatakan bahwa ini sudah hari ketiga ia dan warga lainnya mencari ikan di Waduk Poncol.

"Pas hari pertama disedot airnya, itu banyak banget ikan, langsung ke sini semua," kata Bambang ditemui di lokasi, Kamis siang.

Baca juga: Memasuki Musim Penghujan, Waduk Poncol Ragunan Dikeruk

Sejak pagi hingga siang, Bambang mengaku sudah mendapat lima ekor ikan. Ada mujair, patin, dan gabus.

Menurut dia, sejak dulu warga memang memancing di sini karena waduk ini telah ditanami benih ikan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian.

Namun karena kondisi waduk sedang dangkal, Bambang dan warga lainnya memilih menjala ikan dengan setengah badan terendam.

"Tadinya banyak ikan, cuma lama-lama habis sama gabus, tetapi lumayan ini sudah berember-ember dapat," kata dia.

Baca juga: Taufik Sebut Waduk Pondok Ranggon 3 Berpotensi Jadi Buangan Sampah Warga

Pengerukan Waduk Poncol diperkirakan berlangsung selama tiga bulan. Pengerukan ini terkait penanganan banjir di kawasan Ragunan ketika musim hujan tiba nanti.



Terkini Lainnya


Close Ads X