Kompas.com - 21/09/2018, 06:53 WIB
Sebuah rumah empat lantai di Jalan Kavling Polri Blok A6 No 158, RT 04 RW 09, Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat dibongkar karena melanggar izin mendirikan bangunan (IMB) pada Kamis (20/9/2018). RIMA WAHYUNINGRUMSebuah rumah empat lantai di Jalan Kavling Polri Blok A6 No 158, RT 04 RW 09, Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat dibongkar karena melanggar izin mendirikan bangunan (IMB) pada Kamis (20/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah rumah empat lantai di Jalan Kavling Polri, Jelambar, Jakarta Barat dibongkar karena melanggar izin mendirikan bangunan (IMB), Kamis (20/9/2018).

Pembongkaran dilakukan 15 tukang bangunan dan diamankan 15 petugas Satpol PP Jakarta Barat.

"(Kesalahannya) menambah lantai. Izinnya hanya tiga lantai," kata Kepala Sektor Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Kecamatan Grogol Petamburan Hendrasmara Saputro, di Jelambar, Jakarta Barat, Kamis.

Baca juga: Langgar IMB, Sebuah Rumah di Kelapa Gading Dibongkar

Pelanggaran tersebut terlihat dari spanduk keterangan izin bangunan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DKI Jakarta yang dikeluarkan pada 12 Mei 2017.

Dalam spanduk tersebut bertuliskan pemilik rumah atas nama Tan Sun Hock mendirikan rumah tinggal berjumlah tiga lantai.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, rumah empat lantai tersebut masih dalam tahap pembangunan.

Baca juga: Peringatan, Pengembang Baru Boleh Berjualan Setelah Kantongi IMB

Tinggi bangunan tersebut mencolok di antara rumah-rumah di sekitar yang tingginya dua dan tiga lantai.

Bagian depan rumah dicat warna krem. Pagar rumah dibeton dan ditempel batu-batu cokelat.

Terlihat para tukang tengah membangun bagian teras rumah. Tumpukan batu bata dan kaya terlihat memenuhi bagian garasi dan teras rumah.

Baca juga: Bangun Rumah Kontainer Tak Perlu IMB

Pada lantai pertama hingga empat, pondasi dan tembok batas antar ruang sudah selesai dibangun. Namun, masih berbentuk beton. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X