Pemkot Depok Diminta Fungsikan Rumah Cimanggis sebagai Museum

Kompas.com - 01/10/2018, 22:22 WIB
Anggota Komunitas Sejarah Depok melakukan aksi berupa pemakaian topeng bergambarkan wajah Presiden Jokowi sambil membawa tulisan #SelamatkanRumahCimanggis, Jadikan Rumah Cimanggis Museum. Aksi itu mereka lakukan di Kampus UI Depok, Jumat (2/2/2018).Doc. Komunitas Sejarah Depok Anggota Komunitas Sejarah Depok melakukan aksi berupa pemakaian topeng bergambarkan wajah Presiden Jokowi sambil membawa tulisan #SelamatkanRumahCimanggis, Jadikan Rumah Cimanggis Museum. Aksi itu mereka lakukan di Kampus UI Depok, Jumat (2/2/2018).

DEPOK, KOMPAS.com - Wali Kota Depok Mohammad Idris menetapkan Rumah Cimanggis sebagai cagar budaya

Ketua Depok Heritage Community Ratu Farah Diba mengimbau Pemerintah Kota Depok dapat memfungsikan Rumah Cimanggis menjadi sebuah museum.

"Harapan saya ke depannya Pemkot Depok bersama Kementerian Agama segera mengadakan pertemuan dan melakukan kajian agar Rumah Cimanggis dapat direstorasi dan difungsikan sebagai museum Kota Depok," ucap Farah melalui pesan singkat, Senin (1/10/2018).

Baca juga: Rumah Cimanggis Ditetapkan Jadi Cagar Budaya


Ia mengatakan, Pemkot Depok harus melibatkan tim ahli cagar budaya dalam proses merestorasi Rumah Cimanggis.

Kondisi Rumah Cimanggis yang mulai hancur karena tidak terawat di Kota Depok, Kamis (18/01/2018). Pemerintah berencana membangun Universitas Islam Internasional Indonesia. Wakil Presiden Jusuf Kalla, membuat wacana bahwa untuk pembangunan universitas itu Rumah Cimanggis akan digusur.MAULANA MAHARDHIKA Kondisi Rumah Cimanggis yang mulai hancur karena tidak terawat di Kota Depok, Kamis (18/01/2018). Pemerintah berencana membangun Universitas Islam Internasional Indonesia. Wakil Presiden Jusuf Kalla, membuat wacana bahwa untuk pembangunan universitas itu Rumah Cimanggis akan digusur.
Selain itu, Rumah Cimanggis juga dapat dibangun kembali seperti bangunan aslinya.

"Libatkan arsitek khusus bangunan tua agar bangunan Rumah Cimanggis ini dapat dibangun kembali sama dengan aslinya," ujarnya. 

Baca juga: Tim Cagar Budaya Observasi Rumah Cimanggis

Sebelumnya, Rumah Cimanggis peninggalan Gubernur Jenderal VOC Petrus Albertus van der Parra di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat, resmi ditetapkan menjadi cagar budaya. 

Keputusan terebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 593/289/Kpts/Disporyata/Huk/2018 pada 24 September 2018 tentang Penetapan Bangunan Cagar Budaya Gedung Tinggi Rumah Cimanggis.

 

Bangunan peninggalan zaman kolonial itu sempat terancam dirobohkan dalam proyek pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X