Ada Rekayasa Lalu lintas, Truk Over Dimensi Dilarang Melintas di Kalimalang - Kompas.com

Ada Rekayasa Lalu lintas, Truk Over Dimensi Dilarang Melintas di Kalimalang

Kompas.com - 12/10/2018, 21:38 WIB
Ada rekayasa lalu lintas, palang dipasang Dishub Kota Bekasi agar truk over dimensi tidak bisa melintas di Jalan Raya Kalimalang, Kota Bekasi, Jumat (12/10/2018).KOMPAS.com/-DEAN PAHREVI Ada rekayasa lalu lintas, palang dipasang Dishub Kota Bekasi agar truk over dimensi tidak bisa melintas di Jalan Raya Kalimalang, Kota Bekasi, Jumat (12/10/2018).

BEKASI, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Kota Bekasi melarang truk over dimensi melintas di Jalan KH Noer Ali atau Kalimalang, Kota Bekasi, tepatnya setelah perempatan Galaxy.

Pelarangan itu dilakukan sebab ada rekayasa lalu lintas yang ditetapkan pihak Dishub dari Galaxy hingga Sumber Arta sepanjang 1,7 Km.

Rekayasa lalu lintas juga meliputi penutupan Jembatan 6 Galaxy, sehingga kendaraan dari arah Bekasi yang hendak berputar arah menuju Bekasi harus berputar di Jembatan Caman.

Kepala Bidang Lalu lintas Dishub Kota Bekasi Johan Budi mengatakan, pelarangan truk over dimensi melintas di jalur rekayasa lalu lintas karena kolong Tol JORR hanya bisa dilintasi kendaraan yang memiliki tinggi di bawah 3,8 meter.

Baca juga: Dampak Rekayasa Lalu Lintas, Jalan Kalimalang Tambah Macet

"Kontainer tidak bisa melintas ya, wajib masuk tol (Becakayu) untuk ke arah Jakarta, sebab di bawah kolong Tol JORR itu bahaya, kalau dia sampai nyangkut  nariknya gimana," kata Johan Budi, Jumat (12/10/2018).

Selain tidak bisa melintas di kolong Tol JORR, lanjut Johan, truk over dimensi juga hanya akan menambah beban pada jalan yang kondisinya sempit apabila melintas di sepanjang jalan yang diberlakukan rekayasa lalu lintas.

"Berjalan efektif, kita juga telah memasang rambu peringatan seperti palang di radius sekitar 200 meter sebelum kolong jembatan Tol JORR," tambah Johan.

Sebelumnya diberitakan, rekayasa lalu lintas tersebut dilakukan Dishub Kota Bekasi di ruas Jalan KH Noer Ali atau Kalimalang, Kota Bekasi, sejak Sabtu (6/10/2018) pukul 00.00 WIB.

Baca juga: Ada Proyek Tol Becakayu, Rekayasa Lalu lintas Kalimalang Dilakukan 3 Bulan

Rekayasa lalu lintas dilakukan karena akan ada pemasangan empat tiang pancang proyek tol layang Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

Pemasangan empat tiang pancang tersebut terletak di sekitar Jembatan 6 Kalimalang. Oleh karena itu, Jembatan 6 yang biasanya digunakan pengendara untuk berputar arah Galaxy ke Bekasi ditutup.

Selain itu, rekayasa lalu lintas ini akan dilakukan selama 3 bulan mengikuti lama pengerjaan pemasangan empat tiang pancang proyek Tol Becakayu tersebut.


Terkini Lainnya


Close Ads X