Penghormatan Terakhir bagi AKBP Sekar Maulana, Korban JT 610 - Kompas.com

Penghormatan Terakhir bagi AKBP Sekar Maulana, Korban JT 610

Kompas.com - 08/11/2018, 11:10 WIB
Peti jenazah AKBP Sekar Maulana salah satu korban Lion Air JT 610 yang akan dikuburkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (8/11/2018)KOMPAS.com/Ryana Aryadita Peti jenazah AKBP Sekar Maulana salah satu korban Lion Air JT 610 yang akan dikuburkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (8/11/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Rasa sedih dan haru menyelimuti upacara penghormatan terakhir bagi jenazah AKBP Sekar Maulana Hidayatullah (45), salah satu korban pesawat Lion Air JT 610 registrasi PK-LQP.

Upacara penghormatan terakhir AKBP Sekar digelar oleh rekan seangkatannya di Akademi Kepolisian Batalion Patriatama angkatan 1995. Termasuk Kapolres Jakarta Timur Kombes Pol Yoyon Tony Surya Putra yang sekaligus sebagai inspektur upacara.

Dengan mengenakan seragam lengkap dan diiringi mars batalion, delapan orang polisi mengantarkan peti jenazah AKBP Sekar yang ditutupi bendera Merah Putih menuju mobil jenazah.

Baca juga: 201 Personel Basarnas Cari Korban Lion Air Hari Ini

Kapolres Jakarta Timur Kombes Pol Yoyon Tony Surya Putra terlihat berkaca-kaca saat menceritakan mengenai AKBP Sekar yang dikenal sebagai pribadi baik dan ramah di kalangan rekan-rekan seangkatan di kepolisian.

"AKBP Sekar Maulana nih semenjak di pendidikan Akpol sangat baik. Saya kan satu leting ya, pribadinya sangat baik, dekat semua, sangat santun sama rekan-rekan juga hampir semua angkatan mengetahui bahwa AKBP Sekar dikenal sangat baik," ujar Tony di RS Polri, Kramatjati, Jakarta Timur, Kamis (8/11/2018).

Tony mengaku, terakhir bertemu dengan mendiang AKBP Sekar saat reuni angkatan pada 2015 silam.

"Kami sempat reunian di Semarang itu ketemu terus pernah kumpul di Jakarta waktu reuni di Semarang, pas 20 tahun masa dinas sekitar 2015," kata dia.

Baca juga: Sebelum Terbang, Ubaidillah Korban Lion Air Sempat Bertemu Ibunda

Meski begitu mereka tetap berhubungan dan berkomunikasi dengan baik.

Setelah menjalani rangkaian upacara penghormatan, jenazah AKBP Sekar akan dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat.

AKBP Sekar Maulana merupakan satu dari puluhan korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 yang telah diidentifikasi.

AKBP Sekar teridentifikasi pada Rabu (7/11/2018) melalui pemeriksaan sidik jari.

Selain AKBP Sekar, hingga Rabu malam, penumpang yang telah teridentifikasi berjumlah 51 penumpang, terdiri atas 40 penumpang laki-laki dan perempuan 11 perempuan.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Terkini Lainnya


Close Ads X