Kompas.com - 08/11/2018, 21:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten (BTPWJB) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia akan meresmikan pengoperasian lima stasiun di jalur proyek double double track (DDT) atau dwi ganda Manggarai-Cikarang.

Kepala Humas BTPWJB Samsuri mengatakan, lima stasiun itu merupakan bagian dari paket B21 pembangunan proyek DDT Manggarai-Cikarang.

"Peresmian akan dilakukan akhir November 2018. Pengoperasian lima stasiun itu meliputi Stasiun Klender, Buaran, Klender Baru, Cakung, dan Kranji," kata Samsuri kepada Kompas.com, Kamis (8/11/2018).

Lima stasiun itu dibangun dua lantai dan dibuat lebih modern. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pelayanan penumpang.

Baca juga: Pembangunan Jalur Dwi Ganda dari Stasiun Manggarai Selesai Tahun 2020

Menurut Samsuri, uji coba pengoperasian telah dilakukan pada tiga stasiun sebelum diresmikan.

"Jadi sudah uji coba tiga stasiun. Pertama uji coba Stasiun Cakung pada 9 Oktober lalu, yang sedang berjalan uji coba Stasiun Klender, dan uji coba pelayanan Stasiun Buaran," kata Samsuri.

Proyek DDT di jalur Stasiun Manggarai-Cikarang sepanjang 35 kilometer dan direncanakan beroperasi pada 2020.

Pembangunan DDT terdiri dua paket yakni paket A dari Manggarai sampai Jatinegara dengan panjang 3 kilometer dan paket B21 dari Cipinang sampai Cikarang dengan panjang 32 kilometer.

Pembangunan itu bertujuan untuk memisahkan jalur kereta api jarak jauh, KRL, dan kereta bandara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.