Operasi Pencarian Korban Lion Air Dihentikan, Posko di JICT Dibongkar - Kompas.com

Operasi Pencarian Korban Lion Air Dihentikan, Posko di JICT Dibongkar

Kompas.com - 10/11/2018, 16:41 WIB
Petugas Basarnas membongkar salah satu tenda yang didirikan di Dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Sabtu (10/11/2018).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Petugas Basarnas membongkar salah satu tenda yang didirikan di Dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Sabtu (10/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Posko-posko yang didirikan di Dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok mulai dibongkar setelah Badan SAR Nasional menghentikan pencarian korban pesawat Lion Air penerbangan JT 610 Sabtu (10/11/2018).

"Setelah Kabasarnas menyatakan ditutup, secara otomatis posko yang ada di JICT ini segera dibongkar dan semuanya akan di-clear-kan dan kembali ke kantor masing-masing," kata Kepala Bagian Humas Basarnas Suhri Sinaga.

Pantauan Kompas.com, puluhan petugas Basarnas berseragam oranye tampak mengeluarkan barang-barang dari empat tenda yang didirikan oleh Basarnas.

Baca juga: KNKT Belum Tentukan Akhir Pencarian Black Box Lion Air Berisi CVR

Barang-barang yang dikeluarkan antara lain papan tulis, perlengkapan menyelam, serta sejumlah barang elektronik. Barang-barang itu diangkut ke dalam sejumlah truk milik Basarnas.

Posko-posko yang didirikan oleh instansi lainnya juga mulai dirapikan, misalnya posko milik kepolisian yang bangku-bangkunya sudah disusun rapi dan siap diangkut.

Selama 13 hari pencarian korban jatuhnya pesawat Lion Air, sedikitnya ada sebelas tenda yang didirikan berbagai instansi, seperti kepolisian, TNI, hingga komunitas-komunitas relawan.

Tenda-tenda itu mempunyai fungsinya masing-masing mulai dari posko informasi, mushala, hingga dijadikan tempat awak media berteduh.

Namun, beberapa posko itu sudah mulai dibongkar sejak Rabu (7/11/2018) lalu ketika Basarnas mengambilalih operasi pencarian.

Diberitakan sebelumnya, Basarnas menyudahi operasi pencarian korban jatuhnya pesawat Lion Air setelah 13 hari pencarian sejak Senin (29/10/2018) lalu.

Baca juga: Hentikan Pencarian Korban Lion Air, Kepala Basarnas Minta Maaf

Selama 13 hari pencarian, Basarnas menyerahkan total 196 kantong jenazah berisi bagian tubuh korban kepada RS Polri.

Pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018) pagi.

Pesawat itu mengangkut 181 penumpang dan 8 awak. Semua penumpang dan awak diduga tewas dalam kecelakaan itu.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X