Khawatir Tanggul Kampung Luar Batang Bocor Lagi, Pemkot Siapkan Ribuan Karung Pasir - Kompas.com

Khawatir Tanggul Kampung Luar Batang Bocor Lagi, Pemkot Siapkan Ribuan Karung Pasir

Kompas.com - 10/11/2018, 18:27 WIB
Pasukan Biru dari dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta bertugas untuk membuang air laut menggunakan pompa yang masuk kedalam perumahan warga di Kampung Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (7/11/2017). Permukiman itu terendam air akibat bocornya tanggul yang berada di balik kampung sehingga menyebabkan puluhan rumah di RT 03 RW 03 terendam air setinggi 50 sentimeter. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pasukan Biru dari dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta bertugas untuk membuang air laut menggunakan pompa yang masuk kedalam perumahan warga di Kampung Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (7/11/2017). Permukiman itu terendam air akibat bocornya tanggul yang berada di balik kampung sehingga menyebabkan puluhan rumah di RT 03 RW 03 terendam air setinggi 50 sentimeter. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara Santo mengaku khawatir tanggul di Kampung Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, bocor saat memasuki musim hujan.

Dia khawatir kejadian tahun lalu terulang sehingga banjir menggenangi permukiman warga.

"Saya takutnya yang Luar Batang itu, makanya dari itu saya siapin karungan pasir, takut kayak tahun kemarin," ujar Santo saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (10/11/2018).

Baca juga: Tanggul Bocor, Warga Kampung Luar Batang Khawatir jika Hujan

Santo menyampaikan, 8.000-an karung pasir disiapkan untuk menanggulangi banjir yang bisa saja terjadi di Kampung Luar Batang atau wilayah lainnya di Jakarta Utara.

Selain menyiapkan karung pasir, Sudin SDA Jakarta Utara sudah mengecor tanggul di Kampung Luar Batang yang bocor tahun lalu.

"2017 kan (tanggul di Luar Batang) sudah dilapisi cor beton. Kalau karung pasir untuk jaga-jaga bila terjadi limpasan atau bocoran," kata Santo.

Tanggul di Kampung Luar Batang bocor pada 6 November 2017.

Baca juga: Tanggul di Luar Batang yang Bocor Masih Terus Diperbaiki

Kebocoran tanggul tahun lalu mengakibatkan puluhan rumah di RT 003 RW 003 Kelurahan Penjaringan digenangi air setinggi 50 sentimeter.

Petugas Dinas SDA atau pasukan biru mengecor tanggul itu guna memperbaiki kebocoran.



Close Ads X