Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies: PKS dan Gerindra Tak Perlu Dimediasi untuk Pilih Wagub DKI

Kompas.com - 11/11/2018, 17:15 WIB
Rima Wahyuningrum,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Gerindra tak perlu dimediasi untuk menentukan calon Wakil Gubernur yang akan mengganti posisi Sandiaga Uno.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, sebelumnya mengatakan, Anies bisa membantu proses pemilihan calon wagub yang baru dari kedua partai pengusung tersebut.

"Mereka itu bersaudara enggak perlu ada penengah. Bersaudara. PKS sama Gerindra itu sekutu dalam lima tahun mereka berjalan bersama," kata Anies di Ciliwung, Jakarta Timur, Minggu (11/11/2018).

Baca juga: M Taufik Bantah Fit and Proper Test Diusulkan karena Ragukan Cawagub PKS

Anies berterima kasih bahwa Mendagri memberikan perhatian kepada Jakarta.

PKS dan Gerindra telah bersepakat bahwa dua calon wakil gubernur yang akan diajukan ke DPRD DKI untuk dipilih berasal dari PKS. Namun kedua calon itu harus lolos fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terlebih dulu

DPD Gerindra DKI dan DPW PKS DKI akan membentuk badan untuk melakukan tes tersebut. Badan tersebut yang akan memutuskan kader yang lolos sebagai kandidat wagub.

Posisi Wagub DKI Jakarta kosong kosong sejak Sandiaga Uno mengundurkan diri karena maju sebagai calon wakil presiden pada Pemilihan Presiden 2019.

Baca juga: Dua Kader PKS yang Bersiap Dampingi Anies di DKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com